Kupas Tuntas Pentingnya Komunikasi Efektif di Dunia Pendidikan

  • Whatsapp
Paparan Pakar Komunikasi serta Motivator dan Penulis Buku, Dr Aqua Dwipayana SIkom. Foto: tangkapan layar

Tugumalang.id – Komunikasi efektif menjadi salah satu kunci keberhasilan di berbagi sektor, tak terkecuali bagi dunia pendidikan di Perguruan Tinggi.

Pakar Komunikasi serta Motivator dan Penulis Buku, Dr Aqua Dwipayana SIkom, mengatakan untuk membangun komunikasi efektif, seseorang harus punya karakter yang kokoh serta dibangun dari integritas pribadi yang kuat.

“Karena seorang dosen menjadi faktor yang terus disorot oleh mahasiswanya. Maka apabila anda seorang dosen, diharapkan dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik dalam setiap perilaku dam tutur katanya,” ucapnya, dalam Lecture Coaching Movement series 2 bertajuk “Komunikasi Efektif antara Mahasiswa dan Dosen”, pada Sabtu (29/5/2021).

Lecture Coaching Movement Series 2. Foto: tangkapan layar

Lebih jauh, seorang dosen dituntut memiliki 4 kompetensi dalam proses belajar mengajar. Yakni kompetensi pedagogik atau kemampuan pemahaman kepada mahasiswa; kompetensi kepribadian atau kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian mantap, stabil, dewasa, arif dan berakhlak mulia; kompetensi profesional atau pengetahuan yang luas dalam bidangnya; hingga kompetensi sosial untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan mahasiswa hingga masyarakat.

“Yang paling penting adalah bagaimana niat awal menjadi dosen. Karena profesinya sangat mulia karena mendidik yang semula tidak tahu jadi tahu bahkan lebih pinter. Jadi bagaimana kita mempertanyakan pada diri sendiri, kalau selama ini sudah baik ya alhamdulillah, kalau belum mari diperbaiki bersama,” jelasnya.

Untuk itu, dia memberikan 5 kunci sukses menjadi seorang dosen yakni melalui penerapan REACH+AC (Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble + Action dan Consistensy).

“Intinya adalah yang paling penting implementasinya. Bahkan, CEO Paragon sendiri mengakui bahwa 80 persen persoalan di perusahaan adalah komunikasi dan saya kira itu juga sama terjadi di Perguruan Tinggi. Keterbukaan dimulai dari sangat penting sehingga mahasiswa tidak menemukan hal negatif dan mengambil sisi positif,” tandasnya.

Baca Juga  Sekolah Tatap Muka akan Dimulai pada 15 April 2021

Reporter: Feni Yusnia

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *