TuguMalang.id – Pariwisata Kabupaten Malang dirasa perlu digenjot lagi promosinya. Dunia media sosial dipenuhi dengan influencer yang pandai membuat isi konten menjadi lebih menarik. Bahkan, tak jarang, hal itu memberikan pengaruh signifikan terhadap pemasaran produk maupun jasa.
Di Malang, ada trio CasCisCus namanya. Mereka terdiri dari 3 konten kreator, Raisya Amalia, Pandu Genta dan Renata Angel yang kerap mendapat endorsement dari produk maupun jasa wisata.
Tak jarang, dari konten-konten yang mereka buat banyak mendatangkan keuntungan bagi sang pemilik usaha lantaran produk mereka akhirnya banyak diminati masyarakat.
Melihat peluang tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang tak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Mereka akan membentuk Con.Create (Content Creator Academy) yang diadakan pada 28 Juni 2022.

Dalam kegiatan ini, Disparbud Kabupaten Malang memberikan kesempatan wadah bagi masyarakat, khususnya anak muda yang ingin belajar membuat konten yang menarik. Salah satu caranya, dengan memanfaatkan potensi wisata di Kabupaten Malang.
Nantinya, para peserta akan diberikan kesempatan melakukan praktik langsung mengemas konten yang menarik bersama empunya di Shanaya Resort pada tanggal 28-29 Juni 2022 mendatang.
Para peserta dapat memanfaatkan spot yang telah disediakan. Seperti area cooking class, spot permainan UNO, painting bagi anak-anak, glamping hingga fasilitas sepeda dan sojan.
Dalam kegiatan itu para peserta akan mengikuti kelas Content Principal. Mereka akan dikenalkan mulai definisi content creating, mengenal profesi, proses bisnis dan sumber pendapatan content creator, mengenal perbedaan karakteristik platform digital serta mengenal genre/niche konten.
Lalu, ada kelas Con.Create Mindset yang mengajak peserta memahami etika dalam pembuatan konten, orisinalitas, copyright dan regulasi UU ITE, soft skill content creator (growth mindset, time management), memahami strategi pemasaran konten dan membangun interaksi dengan stakeholder, memahami keterampilan komunikasi (networking, dealing, lobbying) hingga memahami personal branding.
Selain itu, peserta juga mengikuti kelas Content Planning. Disana peserta akan diajarkan teknik riset konten, melakukan ideasi konten, pemilihan target pemasaran konten dan platform, serta membuat naskah storyboard.
Terakhir, yakni Content Execution yang mengajarkan peserta tentang workflow produksi, persiapan dan instalasi gear, persiapan set (venue, wardrobe, talent), shot techniques, highlight, lighting, angle hingga motion.
Plt Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara menjelaskan, total ada puluhan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka nantinya akan disiapkan menjadi bagian dari komunitas influencer pariwisata Malang.
Selain itu, nantinya, komunitas tersebut akan rutin #ngontenbareng dengan Disparbud Kabupaten Malang ke area wisata. Seperti pantai, resort, kuliner dan lainnya.
“Tujuan akhir dari kegiatan ini untuk membentuk komunitas konten kreator lokal Malang Raya, untuk menunjang daya tarik wisata di Kabupaten Malang dan turut memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN),” ungkapnya.
Sementara itu, CEO Ngalup Collaborative Network, Andina Paramitha, berharap para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut bisa meningkatkan skill dan kreativitas dalam menghadapi digitalisasi.
“Kami sangat mendukung program ini. Harapannya, para peserta bisa membuat konten dan membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi secara nasional.
Tentunya, bisa menambah value untuk dirinya sendiri,” paparnya.
Reporter: Ulul Azmy
editor: jatmiko
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id