BANDUNG | TuguMalang.id – Keterampilan berkomunikasi yang baik pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kepercayaan konsumen dan mitra kerja. Oleh karena itu, komunikasi menjadi bagian vital dalam setiap bisnis yang menjadikan pelayanan kepada konsumen sebagai inti dari bidang usaha, termasuk pada setiap usaha di sektor jasa keuangan.
Tema tersebut menjadi bagian dari Sharing Komunikasi dan Motivasi yang disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang akan berbicara pada sesi bertajuk “Komunikasi Efektif dan Kepemimpinan Modern di Era Digital” di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Jalan Diponegoro Nomor 27, Bandung, Jawa Barat, Rabu 10 Agustus 2022.
Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri sekitar 100 orang peserta dari kalangan Direksi/Pemimpin Wilayah/Pemimpin Cabang Bank Umum, Industri Keuangan Non Bank (Asuransi, Perusahaan Pembiayaan) dan Pasar Modal di Jabar.
“Komunikasi atau cara berbicara efektif itu sederhana saja. Pertama, tidak bertele-tele, tidak berputar-putar untuk menyampaikan suatu poin pembicaraan. Cepat, tepat, lugas dan dapat dimengerti oleh lawan bicara kita. Berbicara efektif membuat lawan bicara kita akan fokus pada setiap hal yang kita sampaikan dan dapat mempengaruhi langsung ke dalam pikirannya. Keterampilan inilah yang harus melekat pada setiap pemimpin pada era disrupsi saat ini,” ungkap Dr Aqua.
Mantan wartawan di banyak media besar ini menegaskan, Industri 4.0 tidak lagi sama dengan era industri sebelumnya. Peran teknologi informasi tidak sekadar sebagai alat tambahan namun sudah menjadi alat yang wajib ada untuk menjamin kelancaran operasional.
Hal ini mendorong perubahan kepemimpinan di era digital. Agar menjaga daya saing, para pemimpin perusahaan harus secepat mungkin melakukan inovasi terutama berkaitan dengan inovasi yang berkaitan dengan teknologi informasi.
“Kepemimpinan merupakan suatu proses ataupun gaya seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti apa yang diinginkan oleh seorang pemimpin. Penyampaian pesan dari seorang pemimpin dalam kepemimpinannya memerlukan gaya komunikasi yang tepat supaya pesan yang disampaikan kepada bawahannya dapat diterima dengan baik oleh mereka,” ucap Dr Aqua.
Tatap Muka
Pemimpin yang efektif pada umumnya memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi yang efektif, sehingga sedikit banyak akan mampu merangsang partisipasi orang-orang yang dipimpinnya.
Menurut Humas panitia acara itu, Iswahyudi, pelaksanaan sosialisasi tersebut diselenggarakan secara tatap muka. Narasumber diberikan waktu 165 menit untuk memaparkan materi dan sesi tanya jawab. Peserta sebanyak 100 orang yang merupakan anggota dari Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Jawa Barat, terdiri dari Direksi/Pemimpin Wilayah/Pemimpin Cabang Bank Umum, Industri Keuangan Non Bank (Pegadaian, asuransi, Jamkrindo) dan Pasar Modal (PT Bursa Efek Indonesia) di wilayah Jabar.
Acaranya diawali sambutan dari Kepala OJK Regional 2 Jabar Indarto Budiwitono. Dilanjutkan paparan evaluasi kinerja Lembaga Jasa Keuangan yang disampaikan Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK Regional 2 Jabar Misran Pasaribu.
Adapun tujuan dari kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut untuk memberikan pemahaman dan kiat-kiat kepada pemimpin Pelaku Usaha Jasa Keuangan agar menjadi pemimpin modern yang adaptif di era digital. Kemudian, memberi informasi kepada para pemimpin tentang tata cara berkomunikasi lintas generasi serta berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh para pemimpin di era digital.*
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id