Keahlian Lain Petugas Damkar: Evakuasi Jari Terjepit Cincin

  • Whatsapp
Proses evakuasi pelepasan cincin di jari oleh Petugas Damkar Kota Malang. Foto: UPT Damkar Kota Malang

MALANG – Selain memadamkan api, petugas Pemadam Kebakaran Kota Malang juga punya keahlian lain yang tak disangka-sangka, yaitu membantu evakuasi warga yang jarinya terjepit cincin.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, M Teguh Budi Wibowo, mengatakan bahwa ada banyak tugas penyelamatan dari Damkar selain memadamkan api. Termasuk manusia hingga hewan. Yang paling unik, membantu melakukan pelepasan cincin. ”Ada itu kita juga membantu pelepasan cincin yang sering melekat dan menjepit di jari. Bisa jadi karena orang itu mengggemuk atau terluka jarinya,” ungkapnya, pada Minggu (21/3/2021).

Hingga saat ini, evakuasi jari terjepit cincin yang dilakukan Petugas Damkar sejak Januari 2021 ada 4 kali penyelematan. Kebanyakan, kata dia, warga yang justru datang. ”Ada yang kondisi jarinya sudah bengkak, ada juga yang sampai bernanah,” ungkapnya.

Secara teknis, lanjut dia, pihaknya juga beberapa kali menemui kendala akibat bahan cincin yang dipakai terlalu tebal. Karena dalam teknisnya, petugas Damkar melakukan pemotongan cincin dengan alat gerinda mini. Dalam pemotongan itu, dilakukan dengan hati-hati disertai kucuran air.

”Ini awalnya dari warga minta bantuan. Kita inspirasi datang lihat di YouTube Damkar DKI Jakarta. Di sana saja bisa, masak kita gak bisa. Awalnya belajar otodidak dan akhirnya lama-lama udah terampil,” pungkasnya.

Reporter: Ulul Azmy

Editor: Lizya Kristanti

Baca Juga  Ratusan Jemaah Kota Malang Gagal Berangkat Umroh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *