Senin, Mei 12, 2025
Tugumalang.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan
No Result
View All Result
Tugu Malang ID
No Result
View All Result
Home Catatan

Jualan Skor Delapan

Redaksi by Redaksi
Mei 27, 2022 7:44 am
in Catatan
Marketing, jualan

Faizal Alfa. Foto/dok

Share WhatsappShare FacebookShare Twitter

Faizal Alfa*

Sam, itu yang Sampean handle marketingnya, produknya hlo cuman gitu. Jujur, Saya nggak terlalu suka, tapi kok ya bisa laris ya?

READ ALSO

IKA PMII Sunan Ampel Adalah Rumah Besar, Kopi Menjadi Sahabat, dan Rindu Adalah Obat

Menjembatani Gap Generasi, Tantangan dan Peluang Dunia Kerja di Industri Kebugaran

Begitulah ucap seorang kawan, saat satu waktu Kami ketemuan.

Beliau adalah orang di segmen middle. Kebutuhan dasar sudah terpenuhi, dan masih ada uang nganggur buat belanja.

Sementara, brand yang diberi komentar, menyasar segmen low, asal kenyang dan banyak, makannya kepedesan sambil keringetan, maka dinikmati dan bisa dibaleni.

Jaka Sembung Main Hati,
Nggak Nyambung Besti…..

Jadi, bukan brand itu yang nggak enak, tapi sang komentator, bukanlah segmen pasar yang disasar.

Jadi, kalau sang komentator mau komen apa juga, nggak ndampak dan nggak akan didengerin, nggak perlu ditanggepin, karena, memang bukan segmen pasarnya.

Kesesuaian ini yang sering terlupa.

Misal Kita punya produk baru, tindakan Kita apa? Mengujikan dan mencicipkan pada orang yang Kita kenal?

Bisa benar, bisa salah….

Karena yang Kita kenal, belum tentu sesuai dengan segmen pasar yang Kita sasar.

Sehingga kerap terjadi, merasa sudah menguji, dapat respon positif, dilempar ke pasar? Ambyar…..

Bukan laris, malah tragis….

Duhkah….

Maka pengujian jadi penting, dan saat diuji, pastikan dapat nilai minimal 8.

Apa maksudnya?

Dikutip dari unggahan di akun instagram @alfafaizal

Saat diujikan ke 10 orang, minimal 8 bilang oke. Dan pastikan, 10 orang ini adalah orang yang sesuai dengan target pasar yang disasar, responden yang relevan.

Bukan sekedar orang sekitar yang kita hafal dan kenal. Karena orang model begini, kalau dikasi ujicoba dan cicipan, responnya akan seputar : oke, sip, mantap, jos, mantul, wenak!

Hla dapat gratisan kok, komennya sebatas karena sungkan….

Giliran diharap untuk beli, responnya : sepi….

Pastikan jualan produk skor delapan ke segmen pasar yang direncanakan.

Karena hiruk pikuk promosi hanya akan menghadirkan penasaran.
Loyalitas hadir dari hirarki tertinggi, yakni : kualitas dari produk, dalam level yang dianggap sepadan antara harga dan manfaat yang diterima oleh konsumen.

Bahasanya anak jaman sekarang : worth it.

*Direktur PT Fortuna iMARKS Trans
Konsultan Pemasaran

 

 

—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID , 
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id

 

 

Tags: jualanmarketingmarketing ala faizal Alfa

Related Posts

Suasana halal bi halal IKA PMII Sunan Ampel di Kopi Tani, Dau, Kabupaten Malang pada minggu (4/5/2025). Foto: dok panitia.
Catatan

IKA PMII Sunan Ampel Adalah Rumah Besar, Kopi Menjadi Sahabat, dan Rindu Adalah Obat

Rabu, 7 Mei 2025
Peluang kerja di Industri kebugaran
Catatan

Menjembatani Gap Generasi, Tantangan dan Peluang Dunia Kerja di Industri Kebugaran

Kamis, 1 Mei 2025
OmUnity, Cinta dan Harmoni
Catatan

OmUnity, Cinta dan Harmoni

Rabu, 23 Apr 2025
Ilustrasi kantor kepresidenan. Foto/Pinterest
Catatan

Psikologi Komunikator, Catatan untuk Kantor Kepresidenan

Sabtu, 19 Apr 2025
HUT 111 Kota Malang
Catatan

111 Tahun Kota Malang: Kota Pendidikan yang Masih Diuji oleh Banjir

Rabu, 2 Apr 2025
Selamat Lebaran karya Ismail Marzuki
Catatan

Menggali Makna Sosial di Balik Lagu ‘Hari Lebaran’ Karya Ismail Marzuki

Selasa, 1 Apr 2025
Next Post
LPPM UM kembangkan kurikulum kebencanaan

PLMK LPPM UM Kembangkan Kurikulum Lingkungan Berbasis Kebencanaan

BERITA POPULER

  • KHadam Kiai yang jadi Guru Besar UIN Malang

    Kisah Prof. Fadil: Dari Khadam Kiai hingga Menjadi Guru Besar UIN Malang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • IKA PMII Sunan Ampel Adalah Rumah Besar, Kopi Menjadi Sahabat, dan Rindu Adalah Obat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Dapat Tiket Arema FC vs Persik Kediri, Laga Perdana Kembali di Stadion Kanjuruhan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Referensi SPMB 2025: Daftar 26 SMA Terbaik di Jawa Timur, di Antaranya Ada di Malang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Daftar 7 Stasiun Kereta Api di Kota Malang, Beserta Alamat Lengkapnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Portal berita Tugu Malang (tugumalang.id) merupakan perusahaan media siber di bawah naungan PT Tugu Media Komunikasindo

Ikuti Kami

Navigasi Site

  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Disclaimer
  • Kebijakan Data Pribadi
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Form Pengaduan
  • Pedoman Media Siber

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.

Jaringan Media 

Tugumalang.id 

Tugujatim.id 

Tugusehat.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.