Jadi Korban Gempa Malang, Warga Tirtoyudo Butuh Bantuan Material Bangunan

  • Whatsapp
Penyaluran bantuan di Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, pada Selasa (27/4/2021). Foto: Ben

Tugumalang.id – Gempa magnitude 6,1 yang terjadi di Malang Selatan memiliki dampak cukup signifikan di Desa Kalibakar, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

 

Bacaan Lainnya

“Saat ini yang jelas paling dibutuhkan itu bahan baku sembako, itu dibutuhkan karena suasananya kan puasa dan untuk pembenahan rumah ini mereka jadi tidak bingung lagi mau makan apa,” terang Koordinator Relawan dari Komunitas Trail Malang, Yusron Hamdani, yang bertugas di Posko Kalibakar, usai menerima bantuan sembako dan material bangunan dari Tugu Media Peduli, pada Selasa (27/04/2021).

 

Selain itu, tambah dia, warga juga membutuhkan bantuan berupa material bangunan. “Saat ini juga yang jelas membutuhkan sembako dan material bangunan, dalam artian untuk pembenahan rumah itu juga lumayan, warga juga kesulitan untuk mendapatkan bahan baku material seperti semen dan pasir,” jelasnya.

Penyaluran bantuan di Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, pada Selasa (27/4/2021). Foto: Ben

Dengan adanya bantuan dari Tugu Media Peduli, Yusron mengatakan ini akan meringankan beban warga yang rumahnya terdampak gempa Malang.

 

“Kalau untuk bantuan di wilayah ini Alhamdulillah sudah bagus karena Posko Kalibakar ini sudah 3 kali membagikan sembako dan dengan bantuan dari Tugu Media Peduli ini kita bisa membagikan untuk yang ke-4 kali. Dan untuk Desa Kalibakar sendiri sudah 4 kali membagikan sembako,” jelasnya.

 

Di Posko Kalibakar Kecamatan Tirtoyudo, Tugu Media Peduli menyerahkan beberapa bantuan dengan rincian Desa Sukorejo di Dusun Sukosari mendapatkan 5 paket sembako, 2 buah terpal, 10 sak semen, dan 1 perlengkapan bayi.

 

Baca Juga  Terdampak Gempa, Sejumlah Sekolah di Malang Selatan Mengalami Kerusakan Cukup Parah

Sementara Desa Pucungsari, Kecamatan Ampelgading mendapatkan 15 paket sembako, 2 buah selimut, 5 buah terpal, dan 2 perlengkapan bayi.

 

Lalu di Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, ada di 4 dusun yaitu Dusun Sidodadi mendapat 20 paket sembako, 4 buah selimut, 7 buah terpal, 10 sak semen, dan 2 perlengkapan bayi.

 

Sementara Dusun Sukomulyo mendapatkan 20 paket sembako, 4 buah selimut, 8 buah terpal, 10 sak semen, dan 3 perlengkapan bayi. Di Dusun Krajan mendapatkan 19 paket sembako, 4 buah selimut, 7 buah terpal, 10 sak semen, dan 3 perlengkapan bayi. Lalu, di Dusun Sukodoro mendapat 22 paket sembako, 4 buah selimut, 10 buah terpal, 10 sak semen, dan 3 perlengkapan bayi.

 

Selain itu, Tugu Media Peduli juga menyalurkan 10 paket sembako kepada Posko Kalibakar untuk persediaan.

Donasi Gempa Malang yang kini perolehannya sudah tembus Rp 137 juta ini, terinspirasi dari Dr Aqua Dwipayana. Dia yang membaca berita gempa Malang melalui tugumalang.id dan tugujatim.id, spontan menyumbang Rp 10 juta.

 

Donasi tersebut didapat dari hasil penjualan dua buku terbarunya yang merupakan bagian dari serial Trilogi The Power of Silaturahim yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

 

Karena aksi spontanitasi Dr Aqua Dwipayana inilah, manajemen Tugu Media Group langsung membuka donasi tersebut.

 

Reporter: Rizal Adhi

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *