Isu Sawit Menyerap Air Secara Berlebihan, Sanusi: Itu Hoaks

  • Whatsapp
Bupati Malang. Foto: Rizal Adhi

MALANG – Rencana pembangunan pabrik kelapa sawit yang dihembuskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menimbulkan protes sebagian masyarakat, terutama di grup-grup Facebook. Beberapa akun Facebook bahkan menyatakan bahwa kelapa sawit menyerap banyak air sehingga tidak cocok ditanam di Malang Selatan yang kadang kesulitan air.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Malang, Muhammad Sanusi, menegaskan bahwa kabar tersebut adalah hoaks. “Siapa yang bilang? Suruh adakan kajian. Yang jelas saat saya ke Medan itu profesor yang ahli sawit itu mengatakan hoaks kalau sawit menyerap air (berlebihan),” tegasnya, saat menghadiri Sertijab Kasatlantas dan Kasatreskrim Polres Malang, di Mapolres Malang, pada Selasa (23/03/2021).

Bacaan Lainnya

Bank BNI

Sanusi bahkan mengatakan, penanaman pohon kelapa sawit di Malang Selatan sudah berjalan. “Sawit itu di Malang Selatan sudah jalan kok, sudah banyak (yang menanam),” ujarnya.

Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran ini menjelaskan, Pemerintah Pusat berencana membangun pabrik kelapa sawit di Malang. “Cuma inikan Menko mau menindaklanjuti potensi sawit itu untuk mendirikan pabrik di Malang, ini kan proyek pusat,” ucapnya.

Terakhir, saat dikonfirmasi apakah proyek ini akan terus berjalan apabila mendapat penolakan dari masyarakat, Sanusi mengatakan tergantung kementrian yang bersangkutan. “Ya tergantung kementrian,” pungkasnya.

Reporter: Rizal Adhi

Editor: Lizya Kristanti

Baca Juga  Jembatan Ambrol di Dusun Druju Dibangun Kembali dengan Anggaran Rp 2 Miliar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *