Ini 3 Kandidat Kuat Calon Sekda Kota Malang

  • Whatsapp
Wali Kota Malang, Sutiaji, menyayangkan adanya keterlibatan ASN Pemkot Malang.
Wali Kota Malang, Sutiaji. Foto: Ulul Azmy

MALANG – Tongkat kepemimpinan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang akan segera beralih. Teka-teki siapa kandidat kuat siapa yang akan mengisi jabatan strategis itu mulai terjawab per hari ini, Jumat (26/3/2021). Sebelumnya, jabatan ini dipegang Wasto yang pensiun per 1 Maret 2021 lalu.

Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kota Malang mengumumkan 3 nama yang kandidat kuatnya. Rata-rata mereka adalah pejabat eselon II dan namanya juga sering menghiasi media massa.

Bacaan Lainnya

Bank BNI

Mereka adalah Erik Setyo Santoso yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang.

Lalu, ada nama Handi Priyanto yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Malang dan Drs. Subkhan yang saat ini menjabat Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Malang.

Diketahui, ketiganya telah melalui tahapan seleksi penilaian kompetensi bidang. Dalam waktu dekat, ketiganya akan menjalani tes kesehatan, kejiwaan hingga bebas narkotika. Pantia seleksi (Pansel) menjadwalkan  tes akan berlangsung pada 29-31 Maret 2021.

Hingga nanti sebelum ada kepastian resmi siapa yang pantas menjabat sebagai Sekda Kota Malang, 3 kandidat ini akan terlebih dulu harus melakoni uji publik pada 1-9 April 2021 mendatang.

Wali Kota Malang Sutiaji proses seleksi dengan menggunakan metode uji publik diklaim baru pertama kali ada di Indonesia. Sebab itu, tes uji publik ini mendapatkan apresiasi dari Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN).

Baca Juga  Penjual Kurma di Embong Arab Malang Panen Rezeki 7 Kali Lipat

Dalam pelaksanaan uji publik itu akan ada proses tanya jawab antara bakal calon Sekda Kota Malang dengan masyarakat umum. Terkait visi misi ke depan para calon Sekkota.

“Uji publik ini saya minta khusus ke tim Pansel untuk dilakukan khusus bagi calon yang namanya telah masuk ke tiga besar,” jelas Sutiaji.

”Nanti siapapun mulai Kajari, Kapolresta, Dandim atau masyarakat umum bebas bertanya. Karena nanti segala arah kebijakan kota nantinya juga adalah representasi warga Kota Malang,” imbuhnya.

Setelah uji publik, tim Pansel akan menyampaikan hasil penilaian akhir, yang diperkirakan pada 12 April 2021 mendatang.

Sebelumnya, ada 5 nama pejabat eselon II lain yang mencalonkan diri dalam seleksi terbuka pengisian jabatan Sekkota. Mereka diantaranya adalah, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, juga ada Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mulyono. Sementara, 1 orang berasal dari luar jajaran Pemkot Malang yakni Eko Susanto, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *