Evolusi Baru GoMart Tawarkan Pengalaman Belanja Online Andal Dengan Lebih Banyak Merchant dan Asisten Belanja Berpengalaman

  • Whatsapp
gomart. foto:istimewa

JAKARTA – GoMart, layanan belanja online di aplikasi Gojek kini semakin lengkap dengan perluasan layanan dan fitur yang dihadirkan untuk terus menjadi andalan masyarakat. GoMart saat ini tampil dengan berbagai peningkatan layanan yang semakin mempermudah hidup masyarakat di masa pandemi. Hal ini dapat terlihat dari:

  • Penambahan pilihan merchant serta produk terutama makanan hewani dan nabati segar dan berkualitas
  • Perluasan jangkauan layanan ke berbagai kota besar di Indonesia
  • Peningkatan kualitas layanan dengan menghadirkan asisten belanja berpengalaman Emak Jago
  • Pembaruan fitur.

Evolusi tersebut ditujukan untuk dapat semakin memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan belanja mingguannya di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung.

Bacaan Lainnya

Head of Groceries Gojek, Tarun Agarwal mengatakan, “Sejak diluncurkan kembali pada 2019 lalu, lewat kerja sama dengan Alfa Group, GoMart telah menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selama pandemi, kami melihat pergeseran perilaku masyarakat dalam berbelanja groceries secara online menjadi lebih reguler, di mana mereka semakin mengandalkan layanan GoMart. Untuk merespon perubahan perilaku tersebut, kami secara bertahap berevolusi mengembangkan dan memperluas layanan serta fitur, sehingga masyarakat dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan grocery mingguannya secara online.”

Upaya GoMart dalam berevolusi ini disambut baik oleh masyarakat tercermin dari angka pertumbuhan bisnis GoMart sebanyak 7-8 kali lipat selama pandemi tahun 2020 lalu. Hal ini sekaligus membuktikan bagaimana GoMart menjadi salah satu layanan yang krusial di ekosistem Gojek.

Berbagai peningkatan dan perluasan layanan serta fitur tersebut di antaranya:

  1. Menambah pilihan merchant dengan tipe merchant paling beragam terutama yang menjual produk segar
Baca Juga  TV Analog Dihentikan, Mayoritas Masyarakat Kota Malang Sudah Beralih ke TV Digital

Setelah bermitra dengan Alfa Group di awal peluncuran kini GoMart telah memperluas kemitraannya mulai dari merchant tradisional hingga modern dengan supermarket dan merchant lainnya seperti LOTTE Mart, Giant, Giant Express, Foodhall, Sayurbox, Perum Bulog, Pasar Jaya dan Best Meat, dan lebih banyak lagi merchant yang menyediakan bahan makanan segar untuk memenuhi kebutuhan mingguan pelanggan.

  1. Memperluas layanan ke 11 kota baru di Indonesia

Sejak April 2020, GoMart terus memperluas area cakupan layanannya hingga luar Jabodetabek. Saat ini layanan belanja online GoMart sudah dapat dinikmati di termasuk, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Medan, Palembang, dan Makassar.

  1. Satu-satunya layanan belanja online grocery dengan asisten belanja berpengalaman Emak Jago
Emak Jago

Emak Jago yang siap membantu pelanggan memastikan kesegaran dan kualitas terbaik dari bahan makanan terutama produk segar merupakan bukti keseriusan GoMart dalam menjawab tantangan yang dihadapi pengguna. Asisten belanja Emak Jago telah dilengkapi dengan pelatihan yang memadai untuk melayani kebutuhan belanja mulai dari menerima pesanan hingga memilih bahan segar di supermarket dan hypermarket yang menjadi merchant GoMart.

  1. Menghadirkan fitur baru untuk mempermudah pelanggan
Dibelanjain Emak Jago

GoMart melakukan pembaruan stok harian yang hingga 4x secara otomatis di aplikasi pelanggan. Dengan fitur ini, pelanggan bisa langsung mengetahui saat produk yang ingin dibeli habis atau tidak tersedia di merchant yang dituju. Fitur terbaru lainnya adalah chat antara pelanggan dengan Emak Jago, untuk memudahkan proses berbelanja. Selain itu, GoMart juga memberikan rekomendasi resep dalam aplikasi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik yang akan berguna terutama selama Ramadhan

Evolusi baru GoMart ini turut disambut baik oleh salah satu merchant hypermarket pertama GoMart, yakni LOTTE Mart. General Manager Online Business LOTTE Mart, Tony Suryadi mengatakan “Sejak awal, LOTTE Mart senantiasa memanjakan konsumen dengan segala kemudahan saat berbelanja. Kami menyadari bahwa pandemi turut mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat. Oleh karenanya, kami sangat senang dapat bekerja sama dengan GoMart untuk menawarkan pilihan belanja online di LOTTE Mart bagi masyarakat. Teknologi yang dihadirkan Gojek melalui GoMart ditambah dengan asisten belanja Emak Jago yang telah terlatih di outlet kami memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin berbelanja di LOTTE Mart secara online karena seperti yang kita tahu, pilihan emak-emak identik dengan yang terbaik.”

Baca Juga  Gojek Inisiasi Gerakan #PesanDariRumah untuk Perkuat Disiplin Protokol Kesehatan Para Mitra

Buka Lebih Banyak Lapangan Kerja untuk Perempuan Lewat Emak Jago

Selain memudahkan pelanggan untuk memilih bahan makanan segar dan berkualitas dalam berbelanja di GoMart, kehadiran asisten belanja berpengalaman Emak Jago juga turut memberikan dampak sosial berupa lebih banyak lapangan pekerjaan bagi para perempuan yang mengalami tantangan selama pandemi. Data dari Pusat Hukum Wanita Nasional (NWLC), antara Agustus hingga September, hampir 1,1 juta pekerja usia 20 tahun ke atas keluar dari angkatan kerja. Dari jumlah total tersebut, 865.000 di antaranya adalah perempuan. Hal ini menyatakan bahwa angka perempuan yang terpaksa di-PHK lebih tinggi 4 kali lipat ketimbang jumlah laki-lakinya, yaitu 216.000 orang pekerja.

Upaya GoMart ini mendapat dukungan dari Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Vennetia Ryckerens Danes,  yang mengatakan, “Dampak pandemi COVID-19 lebih berat dirasakan oleh kelompok perempuan baik dari sisi ekonomi maupun psikologis. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut akan berdampak terhadap terhambatnya pencapaian pembangunan SDM unggul. Oleh karenanya, inisiatif Gojek lewat layanan GoMart yang merekrut ibu-ibu khususnya keluarga mitra driver sebagai asisten belanja patut didukung dan diacungi jempol. Hal ini dapat menjadi peluang yang baik bagi perempuan agar dapat keluar dari situasi krisis yang diakibatkan oleh pandemi.”

“Sebagai perusahaan yang selalu mengedepankan dampak sosial, asisten belanja Emak Jago merupakan upaya kami untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk perempuan dan para ibu. Para Emak Jago kami rekrut dengan mendahulukan keluarga maupun sanak saudara dari para mitra driver Gojek yang juga mengalami tantangan selama masa pandemi. Hal ini semakin mempertegas misi dampak sosial yang senantiasa dipegang teguh oleh Gojek,” tutup Tarun.

Baca Juga  Es Santan Setengah Abad, Kuliner Istimewa di Jalan Sempu

Tentang Gojek Group

Gojek adalah platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara dan pelopor model ekosistem multi-layanan yang menyediakan akses ke berbagai layanan termasuk transportasi, pengiriman makanan, logistik, dan lainnya. Gojek didirikan dengan prinsip memanfaatkan teknologi untuk menghilangkan gesekan kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen ke penyedia barang dan jasa terbaik di pasar.

Sejak berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi on-demand network terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya.

Gojek kini beroperasi di kota-kota utama di empat negara di Asia Tenggara. Sampai dengan bulan Maret 2021, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh lebih dari 190 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara.

Gojek berkomitmen untuk selalu menghadirkan solusi guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *