Dr Aqua Dwipayana Motivasi Prajurit Yonif 315/Garuda dan Istri

  • Whatsapp
Dr Aqua Dwipayana (kiri). Foto: dok

BOGOR – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Sabtu pagi ini (13/3/2021) melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Batalyon infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor. Pesertanya adalah para prajurit yang bulan Mei 2021 mendatang akan berangkat tugas operasi ke wilayah Timika, Papua, dan semua istri yang akan ditinggal tugas.

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi itu merupakan permintaan khusus Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto yang disampaikan kepada Dr Aqua saat mereka ketemu sekitar sebulan lalu, tepatnya pada Minggu sore (14/2/2021) di resto Sari Baping Malangbong KM 61,1 Kabupaten Garut. Waktu itu Mantan Danrem 051/Wijayakarta Jakarta tersebut didampingi putri bungsunya Azmi Hanifah Budi Setyaningati.

Bacaan Lainnya

Nugroho mengatakan yang menjadi prioritas untuk pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi adalah Yonif 315/Garuda yang pada Mei 2021 mendatang akan melaksanakan tugas operasi ke Timika, Papua. Seluruh prajurit yang berangkat ke sana perlu dimotivasi dan dibekali kemampuan Ilmu Komunikasi sehingga sukses salama tugas operasi.

Komandan Yonif (Danyonif) 315/Garuda Mayor Inf Aryo Priyoutomo Sudojo yang memimpin langsung tugas operasi itu. Seluruh prajurit yang berangkat 400 orang. Mereka bertugas sekitar 9 bulan di sana.

Sebelumnya pada 2014 dipimpin Letkol Inf Albar, sebanyak 350 orang prajurit Yonif 315/Garuda sukses melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan Indonesia- Malaysia di Kalimantan Barat.

“Saya ingin seluruh prajurit saya di Yonif 315/Garuda Kota Bogor yang mendapat kehormatan tugas operasi ke Papua fokus pada tugas-tugasnya dan dapat berinteraksi dengan masyarakat di sana. Sedangkan para istri dan anak-anaknya mendukung penuh aktivitas mulia suami dan bapaknya,” tegas Nugroho.

Baca Juga  Pangdam V/Brawijaya Minta Dr Aqua Dwipayana Motivasi Prajuritnya di Jawa Timur

Sesi ke-25 di Yonif 315/Garuda

Saat mereka berkomunikasi tersebut Dr Aqua bisa merasakan perhatian Nugroho yang sangat besar pada persiapan yang dilakukan semua prajurit Yonif 315/Garuda yang akan bertugas di Papua. Dia ingin seluruhnya lancar sehigga saat tugas operasi sesuai dengan yang direncanakan dan diinginkan.

Rencana semula Dr Aqua pertama kali melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam III/Siliwangi di Yonif 315/Garuda. Itu sesuai dengan permintaan Nugroho. Namun karena para prajurit di sana jadwal latihannya padat sehingga pelaksanaannya baru pagi ini.

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Yonif 315/Garuda merupakan sesi ke-25 di jajaran Kodam III/Siliwangi. Acara diawali di Kodim Tasikmalaya yang dipimpin Letkol Inf Ary Sutrisno pada Senin pagi (15/2/2021) lalu.

Meski belum tuntas, Dr Aqua sudah Sharing Komunikasi dan Motivasi di empat Korem yang berada di bawah Kodam III/Siliwangi. Rinciannya 6 sesi di Korem 061/Surya Kancana, Korem 062/Taruma Nagara (2 sesi), Korem 063/Sunan Gunung Jati dan Korem 064/Maulana Yusuf masing-masing 8 sesi.

“Sampai sekarang saya sudah Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 24 sesi di jajaran Kodam III/Siliwangi. Atas dukungan penuh dari Pangdam Pak Nugroho, semua kegiatannya lancar sekali,” jelas Dr Aqua.

Belajar Komunikasi Lintas Budaya

Saat pagi ini Sharing Komunikasi dan Motivasi di Yonif 315/Garuda Dr Aqua akan menekankan kepada semua prajurit yang ikut tugas untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baikya. Fokus selama latihan dan mendalami tempat wilayah operasi termasuk daerah-daerah yang rawan.

Untuk keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugasnya maka perlu belajar Komunikasi Lintas Budaya. Mengetahui secara detil kebiasaan masyarakat di wilayah operasi yakni Timika. Jika itu bisa dilakukan dan secara konsisten diterapkan maka akan memudahkan melaksanakan semua tugas operasi.

Baca Juga  Yuk Rehat! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Istirahat

“Semakin banyak yang diketahui tentang kebiasaan masyarakat setempat dan bisa menyesuaikan diri maka tingkat kesuksesan para prajurit Yonif 315/Garuda makin besar. Keberadaan mereka akan diterima warga di sana,” ungkap Dr Aqua.

Selain itu, lanjut mantan wartawan di banyak media besar yang sudah keliling Indonesia tersebut, bisa belajar tentang masyatakat di sana dari prajurit Yonif yang telah pernah bertugas di sana. Simak semua yang mereka sampaikan dan kerjakan.

Sedangkan kepada istri prajurit yang ditinggal operasi Dr Aqua menyarankan untuk menjaga dirinya bersama anak-anak dengan sebaik-baiknya. Selalu mendoakan suaminya agar sehat dan selamat selama bertugas.

Di samping itu yang tidak kalah pentingnya lanjut Dr Aqua adalah intens berkomunikasi dengan suaminya. Utamakan kualitas selama komunikasi sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung.

“Doa dari istri dan anak-anak sangat penting selama suami dan bapaknya bertugas. Juga agar intens komunikasi termasuk semaksimal mungkin menghindari kesalahanpahaman saat komunikasi,” pungkas Dr Aqua.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *