Tugumalang.id – Peran komunikasi tidak boleh disepelekan apalagi dalam konteks relasi di dunia hospitality atau perhotelan. Hal tersebut menjadi atensi besar Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana.
Bisnis hospitality sesungguhnya memiliki jenis yang bermacam-macam. Kegiatannya bukan hanya perhotelan, tapi juga merambah pada berbagai konsentrasi yang relevan dan spesifik yang melibatkan banyak orang.
Secara umum, hospitality bisa didefinisikan sebagai bisnis jasa yang sangat tergantung pada pelayanan terhadap tamu. Keramahtamahan merupakan modal utama agar bisnis hospitality bisa berkembang dengan baik. “Maka di sinilah terletak makna penting keterampilan komunikasi bagi siapapun yang bekerja di sektor hospitality ini,” ungkap Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana.
Pria ramah yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas tersebut menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Mengoptimalkan Kinerja” di Airlangga Room, Hotel Grand Inna Tunjungan, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 21 September 2022.
Doktor Komunikasi lulusan dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran serta menempuh studi linier S1, S2, dan S3 di bidang Komunikasi ini, sangat memberikan perhatian pada upaya meningkatkan kompetensi komunikasi sumber daya manusia pada berbagai bidang.
“Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Manusia tidak dapat menghindari berbagai macam bentuk komunikasi karena dengan komunikasi manusia dapat membangun relasi yang dibutuhkannya sebagai makhluk sosial. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang ke orang lain dengan tujuan tertentu. Maka, kita sebagai manusia tidak mungkin tidak berkomunikasi,” ungkap Dr Aqua yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas tersebut.
Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim ini menegaskan bahwa kepuasan tamu merupakan inti pokok dari pelayanan yang diberikan di dalam industri perhotelan.
“Tamu akan merasa sangat dihargai dan dihormati apabila setiap karyawan hotel memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi sangat penting bagi setiap departemen terutama di bagian Front Office. Karena Front Office adalah bagian yang paling utama di saat tamu tiba di hotel. Dengan demikian tamu akan merasa nyaman untuk tinggal di dalam hotel tersebut,” kata Dr Aqua yang hobi bersilaturahim tersebut.
Namun, ia menambahkan, semua unsur di dalam sebuah perusahaan atau lembaga mutlak harus memiliki kompetensi atau keterampilan komunikasi yang baik. “Di dalam sebuah lembaga atau organisasi ada yang disebut komunikasi vertikal dan horizontal serta komunikasi internal dan eksternal. Masing-masing harus dipersepsi dan dikuasasi dengan baik,” kata Dr Aqua menguraikan.
Langsung Menyanggupi
Kehadiran Dr Aqua ke Kota Surabaya serta menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi sekaligus memenuhi undangan General Manager Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya, Suci Waluya. Meski keduanya baru kenal, namun langsung akrab. Suci sangat mengetahui bahwa Dr Aqua kerap berbicara ke berbagai lembaga di semua wilayah di Tanah Air dan mancanegara.
Begitu Selasa (20/9/2022) malam.Suci mengetahui Dr Aqua melakukan perjalanan darat dari Yogyakarta ke Surabaya, spontan meminta pria yang memiliki jiwa sosial yang tinggi itu memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi ke jajarannya di Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya. Dr Aqua langsung menyanggupinya. Sedangkan Timnya segera membuat materinya.
“Kami sangat beruntung menghadirkan sosok Dr Aqua Dwipayana yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas, wawasan yang mendalam, serta praktik silaturahim yang menjadi kekuatan utama beliau selama ini. Semoga semua itu dapat dijadikan inspirasi oleh semua unsur di dalam organisasi Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya,” ujar Suci yang memiliki dua anak (satu putra dan satu putri) ini.
Pemegang saham Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya adalah PT Wika Realty dengan pemilik dan operator oleh PT Hotel Indonesia Properti (HIPro) dan PT Hotel Indonesia Group (HIG). Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya merupakan salah satu hotel jaringan Hotel Group PT HIN dan bernaung pada PT HIN Hotel Indonesia Natour (Persero).
Inna Group didirikan pada tahun 1960. Hotel Indonesia Natour (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pelayanan jasa perhotelan dan kini memiliki nama bisnis/komersial Inna Hotels & Resorts. Program transformasi perusahaan 2017-2021 yang dilakukan HIN sejalan dengan penugasan yang diberikan oleh Kementerian BUMN, di mana pada 28 September 2016 Menteri BUMN Rini Soemarno saat itu membentuk konsolidasi seluruh hotel yang dimiliki BUMN dalam sinergi Hotel Indonesia Group (HIG). HIN ditunjuk sebagai koordinator.
Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya di Jalan Gubernur Suryo adalah salah satu hotel yang lokasinya sangat strategis. Mudah dijangkau dan dekat dengan tempat-tempat penting kota Surabaya. Hal ini menjadi kelebihan dari hotel tersebut dan tentu saja jadi keuntungan tersendiri bagi para tamu hotel, baik lokal maupun mancanegara.*
Editor: Herlianto. A