YOGYAKARTA—Untuk menciptakan kultur pelayanan yang baik dalam sebuah organisasi atau perusahaan diperlukan adanya perubahan titik pandang dari yang berorientasi pada internal menjadi berperspekti pelanggan atau pengguna jasa. Apalagi bagi organisasi yang bergerak di bidang pelayanan keuangan terutama perbankan.
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan demikian menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Meningkatkan Service Culture Bank Jateng” di hadapan para unsur pimpinan dan pegawai Bank Jateng di Hotel Alana, Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 7, Mudal, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin siang, 10 Oktober 2022.
Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut tampil berbicara memenuhi undangan dari Direktur Teknologi Informasi, Konsumer, dan Jaringan Bank Jateng Wiweko “Dodit” Probojakti.
“Undangan dari Pak Dodit bagi saya merupakan amanah yang tak terhingga. Dapat menyampaikan sharing sekaligus belajar banyak dari teman-teman di Bank Jateng. Paling utama saya dapat bersilaturahim dengan semua unsur pimpinan dan karyawan Bank Jateng. Hal ini rezeki yang luar biasa nilainya,” ungkap Dr Aqua, penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim tersebut.
Menurut Dr Aqua, era digital saat ini mempersyaratkan “soft skill” yang harus dikembangkan oleh setiap pemimpin di semua level organisasi atau lembaga. “Soft Skill” menyentuh lima aspek yakni keterampilan berkomunikasi, kemampuan untuk bekerja secara tim, kemampuan manajemen waktu, membuat keputusan, serta kepemimpinan atau “leadership” yang kuat.
“Komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Kemudian, komunikasi efektif dan memberi kepuasan paripurna kepada pelanggan adalah prasyarat mendasar hadirnya budaya pelayanan sebuah lembaga atau organisasi,” kata motivator laris yang telah memotivasi sejuta orang lebih baik di Indonesia maupun di puluhan negara.
PRINSIP Nilai-Nilai Bank Jateng
Dr Aqua juga menekankan kepada seluruh yang hadir agar konsisten melaksanakan Visi, Misi, dan Budaya Perusahaan berupa Nilai-Nilai Bank Jateng.
Visinya adalah Bank Terpercaya, menjadi kebanggaan masyarakat, dan mampu menunjang pembangunan daerah.
Sedangkan Misinya :
• Memberikan layanan prima didukung oleh kehandalan SDM dengan teknologi modern, serta jaringan yang luas.
• Membangun budaya Bank dan mempertahankan Bank sehat.
• Mendukung pertumbuhan ekonomi regional dengan mengutamakan kegiatan retail banking.
• Meningkatkan kontribusi dan komitmen pemilik guna memperkokoh bank.
Nilai-Nilai Bank Jateng adalah :
1. Profesional.
2. Integritas.
3. Inovasi.
4. Kepemimpinan
PRINSIP : PRofesional, INtegritas, inovaSI, kePemimpinan.
PRINSIP
Nilai-nilai budaya Bank Jateng merupakan “PRINSIP” yang selalu dipegang teguh oleh seluruh Stakeholder Bank Jateng dalam berperilaku sehari-hari.
PROFESIONAL
Bekerja dengan tanggung jawab dan komitmen memberikan hasil yang terbaik.
INTEGRITAS
Sikap berani menyatakan kebenaran, bertindak jujur, bermoral tinggi, serta konsisten sesuai standar etika.
INOVASI
Memiliki gagasan, ide-ide kreatif, smart serta melakukan perubahan yang terus-menerus untuk pengembangan perusahaan.
KEPEMIMPINAN
Memotivasi dan mempengaruhi orang lain untuk bekerja mencapai tujuan bersama dan berperilaku sebagai teladan.
Selain itu bangga berperan membangun Jawa Tengah. Maksudnya memiliki rasa syukur dan bangga sebagai karyawan Bank Jateng karena berperan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jawa Tengah.
“Jika semua karyawan konsisten melaksanakan semua itu, saya yakin ke depan kemajuan Bank Jateng bakal lebih pesat lagi. Juga secara signifikan memberikan keuntungan kepada seluruh pemegang saham dan makin mensejahterakan masyarakat Jawa Tengah,” pungkas Dr Aqua.
Terima Kasih Penuhi Undangan
Di sisi lain, Dodit menyampaikan terima kasih atas kesediaan Dr Aqua memenuhi undangannya. “Saya sangat berterima kasih kepada Dr Aqua Dwipayana karena di saat agendanya penuh masih memprioritaskan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Bank Jateng dan acaranya digelar di Kota Yogyakarta. Saya dan seluruh jajarannya mengapresiasi kehadirannya,” ujar Dodit.

Ia meyakin meyakini kehadiran Dr Aqua memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya sangat bermanfaat. Membuat mereka lebih bersemangat lagi untuk meningkatkan kinerjanya agar hasilnya jauh melebihi target.
Sementara itu, dalam pemaparannya Dodit menyampaikan kinerja Bank Jateng sampai dengan September 2022. “Total aset mencapai Rp 84,8 triliun atau tercapai 100,5% dan tumbuh 11,6% YoY. Dana Pihak Ketiga Rp 67,1 triliun tercapai 99,3% dan tumbuh 9,7% YoY. Kredit yang disalurkan Rp 54,7 triliun, tercapai 98,5% dan tumbuh 4,7% YoY. Laba usaha Rp 1,97 triliun, tercapai 118,6% dan tumbuh 23,9%,” ungkap pria cerdas yang rendah hati itu.
Lebih jauh disampaikan, total karyawan Bank Jateng mencapai 4.542 orang sementara karyawan di jajaran Teknologi Informasi, Konsumer, dan Jaringan Bank Jateng yang dipimpin oleh Dodit mencapai 830 orang.*