Dewan Ajak Masyarakat Jaga Hutan Malabar Kota Malang

  • Whatsapp
Anggota Komisi C, Ahmad Fuad Rahman (duduk paling kiri) disela sela kunjungannya di Hutan Malabar. (foto: M Sholeh)

MALANG – DPRD Kota Malang melalui Komisi C mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga kelestarian hutan Malabar Kota Malang. Hal ini demi mewujudkan Kota Malang terhindar dari bencana banjir.

Anggota Komisi C, Ahmad Fuad Rahman menuturkan, masyarakat perlu meneladani pendahulu yang telah membangun hutan Malabar. Dia mengajak masyarakat turut serta menjaga hutan tersebut. Bahkan kalau bisa juga memperluas keberadaan hutan kota.

Bacaan Lainnya

Bank BNI

“Minimal memenuhi ketentuan UU yang berlaku, yaitu 20 persen dari luas wilayah yang kita miliki. Kita perlu perbanyak hutan kota atau taman taman di tengah kota, dipinggir pinggir jalan. Agar kehidupan kita menjadi lebih seimbang dengan alam. Kita perlu peduli terhadap lingkungan, agar banjir tidak lagi datang menghampiri kota kita,” ujarnya, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, masyarakat Kota Malang perlu mensyukuri adanya hutan Malabar yang berada di tengah kota. Untuk itu, keberadaan hutan Malabar perlu dijaga dengan baik.

“Hutan Malabar perlu kita rawat dengan baik agar masyarakat Kota Malang masih bisa menghirup udara segar. Masih bisa melihat pemandangan yang hijau di tengah kota dan alam inilah yang melindungi kita,” ucapnya.

Fuad menambahkan, kondisi hutan Malabar perlu adanya peremajaan agar keberadaannya juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati keasriannya.

“Beberapa akses jalan ada yang rusak perlu manajemen pengelolahan dan pemeliharaan yang baik, sehingga kelihatan terawat. Bukan hanya ada tulisan besar di depan pintu masuk, tapi didalam juga perlu di perhatikan,” tuturnya.

Baca Juga  Napi Korupsi Massal DPRD Kota Malang Meninggal Dunia di Lapas

Dalam kesempatannya, Fuad mengapresiasi adanya kegiatan pertunjukan tari topeng sebagai ciri khas Kota Malang. Selain itu, juga ada pergelaran seni bantengan yang keseluruhan bertema budaya dan lingkungan.

“Saya sepakat budaya kita perlu dilestarikan, perlu dirawat dan perlu kita wariskan untuk anak cucu kita. Sehingga perlu ada pewarisan yang baik kepada generasi generasi selanjutnya. Bukan hanya budayanya tapi nilai nilai luhur yang perlu juga kita ketahui. Karna dengan nilai nilai yang kita ketahui kita akan lebih bijaksana,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *