Cegah Sakit, Penuhi Asupan 3 Vitamin Ini Selama Puasa

  • Whatsapp
vitamin dapat menjaga imun tubuh selama puasa Sumber foto: unsplash.com

Tugumalang.id – Vitamin adalah salah satu asupan penting untuk tubuh. Saat kekurangan vitamin, tubuh tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik, sehingga imun menurun dan daya tahan tubuh berkurang. Itulah sebabnya mengapa kita sering merasa lelah saat berpuasa. Dengan terbatasnya waktu untuk makan, terkadang kita tidak bisa memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, tidak semua makanan yang dimakan mengandung berbagai vitamin yang diperlukan tubuh.
Namun jangan khawatir, Anda bisa membeli beberapa vitamin di apotek untuk mencukupi kebutuhan vitamin. Jadi, vitamin apa saja yang diperlukan tubuh agar tetap sehat selama berpuasa? Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

1. Vitamin C
Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan, karena ia berperan penting dalam imun tubuh kita. Kadar vitamin C yang cukup dalam tubuh dapat memaksimalkan penyerapan zat besi. Zat besi inilah yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai penyakit. Nutrisi ini juga yang membuat Anda tidak mudah lelah selama berpuasa. Tubuh juga akan lebih terlindungi karena vitamin ini mampu memproduksi sel darah putih untuk mencegah infeksi.

Bacaan Lainnya

Bank BNI

Selain itu, vitamin C juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit seperti diabetes dan penuaan dini. Vitamin C juga sangat mudah ditemukan pada buah dan sayur seperti jambu biji, lemon, dan kiwi yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi.

2. Vitamin D
Vitamin D juga merupakan salah satu vitamin yang tidak boleh dilupakan. Tidak hanya untuk tulang, vitamin D berperan krusial dalam menjaga imunitas tubuh. Vitamin D dapat meningkat jumlah makrofag, sel untuk kekebalan tubuh, yang memerangi para sel penyakit yang masuk dalam tubuh. Karena itu, pada pendemi sekarang ini vitamin D sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari untuk memproteksi diri dari virus Covid-19. Selain itu, makanan seperti kacang-kacangan, susu, ikan, dan jamur mengandung vitamin D yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh.

Baca Juga  Environmental Green Society Canangkan Gerakan Puasa Plastik

3. Vitamin B Kompleks
Terdapat berbagai macam vitamin B, namun yang paling tepat untuk dikonsumsi saat berpuasa adalah vitamin B1, B2, B6, dan B12. Tiap nutrisi tersebut memiliki peran berbeda dalam menjaga tubuh agar tetap fit. Namun, tentu mereka akan menjalankan fungsinya saat keempatnya dikonsumsi secara seimbang dan rutin.

Vitamin B1 yang biasa dijumpai pada daging dan biji-bijian ini mampu mengubah karbohidrat menjadi energi serta meningkatkan kesehatan otak juga otot, tak heran jika nutrisi satu ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat puasa. Vitamin B2 juga memiliki fungsi yang sama, namun digunakan untuk menjaga kesehatan pada organ mata. Sedangkan vitamin B6, berfungsi untuk menjaga gula darah dan melawan infeksi. Vitamin ini dapat ditemukan pada ayam, kentang, dan pisang. Saat berpuasa, tubuh memerlukan protein untuk tetap aktif bergerak, protein tersebut perlu diproses dengan metabolisme yang dilakukan oleh vitamin B12. Vitamin yang ada pada protein hewani ini memiliki tugas krusial dalam proses metabolisme protein.

Ada beberapa vitamin yang sulit larut dalam air seperti vitamin D, karena ia larut dalam lemak. Jadi, lebih baik konsumsi vitamin D setelah makan, ya. Nah, itu dia vitamin untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit saat puasa. Semangat berpuasa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *