Cara Warga Terdampak Gempa Malang Mendapat Bantuan Bedah Rumah dari APERSI Jatim

  • Whatsapp
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, saat melakukan peletakan batu pertama. Foto: Rizal Adhi

Tugumalang.id – Gempa magnitude 6,1 yang terjadi di wilayah Malang Selatan membuat banyak warga harus kehilangan rumah setelah roboh diguncang dahsyatnya gempa.

Oleh karena itu, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Jawa Timur melaksanakan program bedah rumah bagi warga terdampak gempa Malang.

Bacaan Lainnya

 

“Kalau ada yang mau mengajukan bedah rumah bisa langsung ke Kepala BPBD Kabupaten Malang, karena semua tersentral di sana,” terang Ketua APERSI Jawa Timur, Makhrus Sholeh, saat melaksanakan bakti sosial di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, pada Sabtu (24/04/2021).

Bantuan bedah rumah Apersi Jatim. Foto: Rizal Adhi

Makhrus juga menyampaikan beberapa kriteria rumah yang akan dibantu untuk dibedah. “Untuk rumah yang kita bedah ini yang utama rumah yang rusak 100 persen, sama yang 50 persen sampai 20 persen,” bebernya.

 

Pria berkacamata ini menilai, bantuan berupa bedah rumah sangat dibutuhkan masyarakat terdampak gempa Malang. “Yang paling dirasakan ini adalah rumah-rumah yang rumak milik masyarakat yang rumahnya cuma satu dan tabungan tidak terlalu banyak. Jadi, mereka kehilangan harta yang sangat berharga yaitu rumah,” ungkapnya.

 

Pada tahap pertama, ada sekitar 10 rumah yang akan mulai dibedah pada hari ini. “Hari ini rencananya kita mau bedah sekitar 10 unit rumah. Ini donasi dari teman-teman DPD Apersi Jatim bekerja sama dengan Bank BTN dan dengan teman-teman IPAD serta Lazisnu juga. Tahap pertama ini prosesnya 2-3 bulan semoga bisa selesai,” jelasnya.

Baca Juga  Tirtoyudo Jadi Kecamatan Pemungkas Penyaluran Bantuan Tugu Media Group

 

Terakhir, dia menyampaikan jika total donasi yang dikumpulkan APERSI Jawa Timur sudah mencapai Rp 125 juta. “Donasi yang terkumpul Alhamdulillah awal sudah sekitar Rp 125 juta, nanti sambil jalan kita nyari donasi-donasi yang lain,” tukasnya.

 

Di tempat yang sama, Kepala Cabang BTN Malang, Surasta, mengatakan jika pihaknya sejak awal sudah menyisir dampak gempa Malang.

 

“Kalau kejadian di Kabupaten Malang ini kami sudah menyisir sejak tanggal 10 April 2021 kemarin. Jadi, hari Minggunya kami bentuk tim yang kami bagi di tempat-tempat proyek perumahan yang kami bantu,” ucapnya.

 

“Kurang lebih ada 1 rumah yang disupport BTN Syariah dan yang 10 disupport BTN Konven,” imbuhnya.

 

Terakhir, pihaknya akan mengusahakan pembangunan rumah ini akan rampung sebelum lebaran. “Pembangunan ini akan kami usahakan sebelum lebaran akan selesai agar masyarakat yang terdampak ini hatinya terhibur dan merayakan Idul Fitri saat rumahnya sudah terbangun,” pungkasnya.

 

Reporter: Rizal Adhi

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *