Tugumalang.id – Tugu Media Group bersama PT Paragon Technoloy and Innovation mengawali jelajah Jawa-Bali menghadirkan “mereka yang memberi arti” dari kantor Kumparan, Jakarta, Rabu sore (31/8/10).
Misi bertajuk “Jelajah Jawa-Bali dengan Ekosistem Paragon Corp, Bercerita Soal Kreasi Anak Bangsa” ini bermaksud belajar dan mencari inspirasi dari orang-orang sederhana yang konsisten untuk perubahan.
Mereka yang melalui kelompok kecilnya konsisten terus bergerak untuk kebaikan baik di bidang lingkungan, pendidikan, maupun kesehatan. Langkah-langkah sederhana yang telah membuat suatu perubahan yang nyata di sekitar mereka.
Pemimpin Redaksi Kumparan, Arifin Asydhad menyambut dengan hangat para rombongan yang terdiri dari CEO Tugu Media Group Irham Thoriq, redaktur tugujatim.id Herlianto, tim admin Sakinatun Najwa. Kendati waktu itu cukup mepet dengan waktu meeting-nya, tapi Asydhad masih menyempatkan waktu untuk menemui.
Asydhad bercerita kunci sukses kumparan.com, sebagai media yang baru berusia lima tahun, tapi cukup diperhitungkan di tingkat nasional.”Kalau pengembangan dari sisi konten, yang paling utama adalah kualitas konten,” kata Asydhad.
Dengan demikian, sejumlah aktivitas marketing untuk mengenalkan kumparan.com, adalah salah satu bagian saja untuk mengenalkan kumparan.”Kemarin kita kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran Bandung ketika pengenalan mahasiswa baru, itukan bagian dari marketing yang mendukung. Tapi tetap saja yang paling penting kualitas konten agar pembaca terus menerus kembali ke media kita,” kata pria yang pernah menjadi pemimpin redaksi detik.com ini.
Selain itu, perencanaan juga sangat penting.”Kita setiap malam rapat untuk membahas isu apa yang akan diangkat untuk besoknya,” imbuhnya.
Asydhad juga mengingatkan untuk banyak mempercayakan semuanya kepada anak muda. Dari kru redaksi yang mencapai 200 wartawan, mayoritas adalah anak muda yang punya speed dan daya juang yang tinggi.”Apalagi pembaca yang paling banyak anak muda, hanya anak muda yang paham selera anak muda. Kadang apa yang mereka pikirkan, sama sekali tidak terpikirkan oleh kita,” imbuhnya.”Jadi saya di sini tugasnya hanya main-main saja, dan memberi arahan,” pungkasnya.
Pertemuan yang juga dihadiri oleh Kepala Kolaborasi kumparan.com yakni Edmiraldo Siregar ini diakhiri dengan sesi foto bersama.
Untuk diketahui, ide jelajah ini datang dari CEO PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat. Dia menilai kegiatan jelajah ini menarik karena beberapa alasan. Pertama, memang hidup ini harus terus bergerak ada selalu pengetahun dan ide baru. Ini mirip dengan yang pernah disyairkan Imam Syafi’i bahwa air yang mengalir akan terus jernih sementara air yang diam akan keruh.
Kedua, untuk saling menghubungkan antara para komunitas dengan CSR agar bisa saling menyupport untuk kebaikan.
Ketiga, jelas untuk belajar dari mereka yang konsisten memberi arti bagi hidup. Sebagaimana kata Antropolog Margaret Mead:
Jangan ragukan sekelompok kecil warga yang berkomitmen penuh dapat mengubah dunia. Memang, itu adalah satu-satunya fakta yang pernah terjadi.
Untuk diketahui, Tugu Media Group selama ini memang sudah cukup aktif bekerjasama dengan kumparan.com. Salah satu media milik Tugu Media Group yakni tugumalang.id, sejak tiga tahun lalu merupakan media partner kumparan.com untuk program start up 1001 media.
Catatan ini adalah bagian dari program Jelajah Jawa-Bali, tentang Inspirasi dari Kelompok Kecil yang Memberi Arti oleh Tugu Media Group x PT Paragon Technology and Innovation. Program ini didukung oleh Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP), Pondok Inspirasi, Genara Art, Rumah Wijaya, dan pemimpin.id.
Reporter Herlianto. A
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id