Begini Cara Lolos Beasiswa LPDP Ala Nadhira Afifa

  • Whatsapp
Nadhira Afifa

MALANG – Melanjutkan pendidikan bagi sebagian orang adalah mimpi besar yang ingin diraih. Termasuk jenjang strata 2 dan strata 3 di dalam maupun luar negeri. Salah satu upayanya, yakni melalui studi dengan dukungan beasiswa.

Beberapa jalur bea siswa di luar negeri

Seorang dokter lulusan Universitas Indonesia dan magister kesehatan masyarakat Harvard T.H. Chan School of Public Health, Nadhira Afifa membagikan cara untuk mendaftar universitas sekaligus beasiswa. Hal tersebut disampaikan dalam First Class by Colorfit yang digelar virtual.

“Pertama tama, untuk beasiswa kita harus mencari tahu apa alasan kita melanjutkan pendidikan ke tingkat master. Studi gelar master dapat diraih jika kita ingin menjadi expert di bidang tertentu, memiliki opsi karir yang lebih luas, juga membangun jaringan internasional,” ujarnya

Adapun, beasiswa yang tersedia untuk menempuh gelar master sangat beragam, diantaranya beasiswa LPDP, Chevening, Fullbright, MEXT, juga Australia Awards.

Nadhira yangmenerima beasiswa LPDP di tahun 2019 dari pemerintah Indonesia, memaparkan bahwa profil penerima beasiswa LPDP setidaknya harus memenuhi persyaratan administrasi, memiliki kemampuan berjejaring global, memiliki kemampuan akademik yang unggul, memiliki jiwa keindonesiaan yang kuat, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni.

Pada tahun 2021, LPDP membuka kesempatan beasiswa untuk beasiswa afirmasi, beasiswa targeted, dan beasiswa umum. Untuk beasiswa reguler, tahapan seleksi berupa seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan kebangsaan, seleksi wawancara, dan seleksi akhir.

“Pada seleksi administrasi, yang perlu ditekankan adalah bahwa semua persyaratan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pada seleksi substansi, harus menguasai topik yang telah ditentukan secara keseluruhan dan secara maksimal mengenali topik essay dan pada seleksi wawancara, para peserta harus tampak percaya diri dan yakin dengan tujuan studi yang didaftarkan,” jelasnya

Baca Juga  Keahlian Lain Petugas Damkar: Evakuasi Jari Terjepit Cincin
Beasiswa LPDP

Tak kalah penting, lanjut Nadhira, penampilan secara keseluruhan akan menjadi bagian dari penilaian beasiswa. Karenanya, Colorfit dapat menjadi pilihan untuk make up yang memberikan impression dan penampilan yang bertahan lama dalam sesi wawancara.

Produk complexion Colorfit terdiri dari Matte Foundation, Velvet Powder Foundation, dan Mattifying powder, ketiganya memiliki Skin Match Technology yang dapat menyatu sempurna dengan warna kulit natural masing masing pengguna.

Selain itu produk complexion Colorfit juga mengandung matte micropowder yang memberi kemampuan oil control hingga 12 jam. Untuk melengkapi look yang sempurna, gunakan Colorfit Last All Day Lip Paint dalam 12 warna yang transferproof dan long lasting hingga 12 jam.

Sedangkan untuk mendaftar universitas, Nadhira menjelaskan bahwa langkah pertama yang harus diambil adalah memilih studi yang spesifik.

“Ketahui lebih baik apa hal yang disukai dan pencapaian apa saja yang mendukung pemilihan studi tersebut. Pilih 2-5 universitas sebagai tujuan pendaftaran dengan mempertimbangkan ranking universitas, silabus, juga peluang penerimaan dari masing masing universitas,” imbuh dia

Dokumen yang dibutuhkan dalam pendaftaran universitas beragam, namun yang umum dibutuhkan adalah nilai GRE, TOEFL IBT, WES Evaluation, personal statement, recommendation letters, curriculum vitae, dan additional essay. Dalam pembuatan CV.

Ia menyarankan, buatlah cv sesuai dengan format yang telah ditentukan universitas. Untuk membuat personal statement yang outstanding, buat esai berdasarkan data akurat, tulisan dibuat menarik, dan sesuai dengan bidang studi yang dipilih.

“Jangan lupa untuk memeriksa esai dan merevisi, bantuan dari rekan yang berpengalaman juga dapat dimanfaatkan hingga mendapatkan hasil esai yang berkualitas. Persiapan yang matang dan banyak mencari tahu secara menyeluruh terkait informasi beasiswa dan universitas adalah kunci dari study abroad,” tandasnya

Baca Juga  Berlakukan E-parkir Pendapatan Retribusi Meningkat 300 Persen

Diketahui, sesi ini merupakan bagian dari First Class by Colorfit yakni rangkaian acara yang dipersembahkan oleh Wardah dalam mendukung mimpi-mimpi dan pencapaian para wanita dengan bentuk kelas-kelas diskusi bersama para pakarnya.

Sesi yang telah diadakah sebelumnya adalah topik Personal Branding and Excellent First Job Interview hingga beauty class bersama Hepi David bagi peserta yang ingin menjadi professional make up artist.

Ke depan, First Class by Colorfit batch 2 akan dimulai pada tanggal 19 Juni, dengan topik bridesmaid makeup bersama Archangela Chelsea, sesi kedua dilanjutkan dengan materi study and work abroad yang diisi oleh Gita Savitri Devi, dan ditutup oleh kelas how to build first business bersama KAMIIDEA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *