Aqua Dwipayana Hadiri Penganugerahan Doktor Kehormatan dari IPB kepada Letjen TNI Doni Monardo

  • Whatsapp
Aqua Dwipayana saat di kantor BNPB. Foto: dok

BOGOR – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, menerima Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Acaranya dilaksanakan di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor, pada Sabtu pagi (27/3/2021), sekitar pukul 09.00 WIB.

Karena hingga sekarang masih pandemi Covid-19 sehingga undangan yang hadir langsung di tempat acara jumlahnya dibatasi. Hanya puluhan orang. Sedangkan yang lainnya dapat menyaksikan acara tersebut secara virtual di akun kanal Youtube IPBTV.

Bacaan Lainnya

Bank BNI

Salah seorang yang akan hadir langsung di acara itu adalah Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. Penulis buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” tersebut memastikan kehadirannya pada Rabu siang (24/3/2021) lalu saat dihubungi Koordinator Staf Pribadi Kepala BNPB Kolonel Czi Budi Irawan.

Ketika komunikasi dengan Budi, Dr Aqua sedang ziarah ke makam kedua orangtua Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji di Majenang, Kabupaten Cilacap. Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu didampingi putra bungsu Tato, Adam Abdillah.

“Pak Aqua dimohon untuk hadir saat acara Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) Bapak Doni Monardo pada Sabtu pagi (27/3/2021) di IPB. Undangannya menyusul,” ujar Budi.

Begitu mendapat informasi dari Budi, Dr Aqua yang jadwalnya selama pandemi Covid-19 sangat padat termasuk pada hari Sabtu dan Minggu, terutama melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai institusi di banyak tempat, langsung bertekad untuk hadir. Acara lain yang sudah terjadwal ditundanya.

Baca Juga  Bagi Orang Konghucu, Gus Dur Adalah Orang Suci
Aqua Dwipayana jelang acara penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan dari IPB untk Letjen Doni Monardo. Foto: dok

“Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan kepada Bapak Doni Monardo dari IPB pada Sabtu ini merupakan sejarah buat bangsa Indonesia, sehingga saya ingin menyaksikannya secara langsung di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Apalagi jumlah undangannya terbatas. Saya sangat berterima kasih kepada Pak Doni karena diundang untuk menghadiri acara tersebut,” ujar Dr Aqua.

Orasi Ilmiah Tentang Lingkungan

Kamis pagi (25/3/2021) lalu saat sedang dalam perjalanan dari Tasikmalaya menuju Bogor, ketika berada di Kabupaten Garut, Dr Aqua menerima kiriman undangan Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan kepada bapak Doni Monardo via Whatsapp. Pengirimnya adalah  Een Irawan Putra, yang selama ini mendapat amanah dari Doni untuk pengurusan kegiatan tersebut.

“Pak Aqua, berikut kami kirimkan undangan untuk menghadiri Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan kepada Bapak Doni Monardo hari Sabtu lusa,” kata Een.

Lewat telepon, Een menginfokan kepada Dr Aqua bahwa jumlah undangan yang hadir langsung di tempat acara terbatas sekali, mengingat masih suasana pandemi Covid-19. Sedangkan yang mau menyaksikan acara itu bisa secara virtual di akun kanal Youtube IPBTV.

Kemudian Dr Aqua menyampaikan ucapan selamatt kepada Doni atas Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan tersebut. Doni langsung merespon, “Terima kasih untuk ucapannya Pak Aqua. Mohon doa restu. Bapak hadirkan di acara tersebut. Sampai jumpa Pak Aqua.”

Dalam acara itu Doni akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Model Tata Kelola Sumberdaya Alam dan Lingkungan”. Isinya antara lain pengalaman bapak tiga anak dan kakek dua cucu itu selama puluhan tahun melestarikan lingkungan termasuk telah membagikan jutaan berbagai tanaman secara gratis ke seluruh Indonesia dan negara tetangga Timor Leste.

Setelah Doni menyampaikan orasi ilmiah dilanjutkan dengan penayangan video kiprah dan karya mantan Pangdam III/Siliwangi yang menggagas program kali bersih Citarum Harum itu.

Baca Juga  Pengorbanan dan Pengabdian Dr Aqua Dwipayana untuk TNI dan Polri (bagian 3 dari 3 tulisan)

Acaranya diawali sambutan Rektor IPB Arif Satria. Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Senat Akademik, pengantar promosi oleh ketua promotor, dan Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan kepada Doni.

Arif menginfokan bahwa pemberian gelar ini disetujui dalam rapat pleno Senat Akademik IPB, pada Selasa (20/10/2020) lalu. Peserta rapat menilai Doni layak mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas karya, prestasi, dedikasi, dan kontribusinya yang luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Juga karena pengabdian dan jasanya yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan, pembangunan dalam arti luas, dan kemanusiaan.

Lima Rangkaian Kegiatan Aksi Luar Biasa

Waktu itu Senat Akademik IPB sepakat memberikan penilaian pada lima rangkaian kegiatan aksi luar biasa yang dilakukan Doni. Rinciannya adalah sebagai berikut.

Pertama, Doni dinilai mampu membangkitkan kepedulian lingkungan dan memberikan pelatihan keterampilan.

Kedua, memobilisasi sumber daya dan membangun jaring kerja kolaborasi.

Ketiga, memulihkan dan merehabilitasi keanekaragaman hayati spesies dan ekosistem.

Keempat, membangun kolaborasi penegakan hukum.

Kelima, melakukan advokasi kebijakan.

“Lima kegiatan tersebut dinilai dapat berjalan secara berkesinambungan, terutama karena adanya kepemimpinan lingkungan yang kuat dan menonjol pada Pak Doni Monardo,” tegas Arif.

Melihat kiprah Doni yang konsisten selama puluhan tahun melestarikan lingkungan, Dr Aqua menilai bahwa Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan sangat tepat dan layak sekali diberikan kepada Doni. Bahkan semestinya sudah lama jenderal yang memiliki karakter kuat itu mendapatkan gelar tersebut.

“Selamat buat Pak Doni Monardo atas anugerah gelar Doktor Kehormatan dari IPB yang diberikan pada hari ini. Semoga semua yang dilakukannya menginspirasi dan memotivasi rakyat Indonesia untuk meneladaninya seluruh kiprahnya yang luar biasa dan sangat positif untuk kesinambungan bangsa ini,” pungkas Dr Aqua.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *