Antisipasi Bencana, LP2M UM Gelar Kajian Ancaman Gempa Susulan dan Mitigasinya di Jatim

  • Whatsapp
Ketua LP2M UM, Prof Dr Markus Diantoro MSi. Foto: Rezza Doa

Tugumalang.id – Universitas Negeri Malang (UM) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) menggelar webinar dengan tema Kajian Ancaman Gempa Susulan dan Mitigasinya di Jawa Timur, pada Kamis (29/4/2021).

 

Bacaan Lainnya

Webinar diikuti oleh mahasiswa dan beberapa institusi pemerintah daerah. Adapun pemateri dalam webinar diantaranya Dosen Teknik Geofisika ITS Dr Ir Amien Widodo MSi, Kepala BPBD Pemrov Jatim Dr Ir Heru Tjahjono MM, dan Comunity Based Disaster Risk Reduction Catur Sudharmanto SSos MMB.

 

Kepala Pusat Kebencanaan Mitigasi dan Lingkungan Abdul Kodir SSosio MSosio, mengatakan bahwa webinar dilakukan guna mengantisipasi kejadian pasca bencana. Pasalnya, belum lama ini, di Kabupaten Malang dan beberapa wilayah terjadi bencana gempa bumi. “Mitigasi bencana menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan,” jelasnya.

Kajian Ancaman Gempa Susulan dan Mitigasinya di Jawa Timur. Foto: Rezza Doa

Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, bisa membentuk kerja sama untuk lembaga dan bermanfaat bagi masyakarat secara luas.

 

“Masyarakat perlu mengantisipasi dan meningkatkan kesiapsiagaan melalui upaya mitigasi risiko bencana,” jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua LP2M UM Prof Dr Markus Diantoro MSi, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini, UM dapat ikut serta memberikan edukasi kepada masyarakat.

 

Tak hanya itu, rencananya setelah webinar berlangsung, akan dilakukan MoU dan diklat penanganan bencana. “Sehingga bisa berkontribusi secara nyata di tengah masyarakat. Bukan hanya mendapatkan teori saja tapi juga ada prakteknya. Makanya kegiatan ini harus dilakukan secara berkelanjutan,” katanya.

 

Markus mengatakan, setelah kegiatan berlangsung akan ada ide tertulis berupa naskah. Sehingga, bisa digunakan dan bermanfaat untuk literasi masyarakat dalam penanganan bencana gempa susulan. “Kami harap itu ada naskah karena gabungan ide dari beberapa pikiran yang bisa dijadikan untuk literasi,” jelasnya.(ads)

Baca Juga  Tugu Media Peduli X Bakti BCA Salurkan Bantuan Material Bangunan untuk SDN Purwodadi 3

 

Reporter: Rezza Doa

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *