Anak Muda Dominasi 432 Penderita HIV/AIDS di Kota Malang

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang. Foto : Azmy

MALANG – Hingga saat ini, penderita HIV/AIDS di Kota Malang tercatat mencapai 432 orang. Dari sekian jumlah itu, separuhnya yakni 284 orang didominasi kelompok usia muda dengan rentang usia antara 25 hingga 49 tahun.

Data ini dipaparkan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. Selain itu, juga ada penderita di usia 20 hingga 24 tahun ada sebanyak 63 orang. ”Disusul penderita dengan usia di atas 50 tahun sebanyak 60 orang,” terang Ida Ayu Made Wahyuni.

Bacaan Lainnya

Ayu menambahkan, penderita HIV/Aids di bawah umur, yakni rentang usia 4 tahun ada 10 orang, usia 5 – 14 tahun ada 6 orang dan usia 15-19 tahun ada 9 orang.

Sehubungan dengan fenomena ini, kata Ayu, perlu langkah preventif lebih ketat yang dilakukan. Tak hanya pemerintah, tapi juga dari masyarakat soal kesadaran akan bahaya HIV/Aids hingga narkoba.

Berbagai upaya dan sosialisasi dilakukan pihak Disporapar, khususnya kepada pemuda di Kota Malang. Diharapkan ada kesadaran yang terbentuk secara kolektif di rekan seusianya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pembinaan dengan melakukan pendataan kepada warga usia muda melalui aplikasi yang dirancang oleh Disporapar Kota Malang.

“Kami sudah membuat aplikasi yang memuat data pemuda, organisasi kepemudaan, kegiatan-kegiatan di bidang kepemudaan dan potensi-potensi pemuda lainnya. Sehingga dengn aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk mengakses potensi pemuda,” katanya.

Baca Juga  Akumulasi Konflik Lama Jadi Sebab Kasun Nekad Bunuh Ayah dan Anak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *