Aksi Bela Palestina Bergelora di Alun-Alun Tugu Malang

  • Whatsapp
Aksi bela Palestina di Balai Kota Malang. foto: Rubianto

MALANG – Gelombang kecaman terhadap Israel atas agresi yang dilakukan terhadap Palestina terus mengalir dari berbagai daerah Indonesia, termasuk di Malang. Ratusan umat muslim tergabung dalam Masyarakat Muslim Malang Raya Cinta Indonesia (M3RCI) menggelar aksi damai dengan turun ke jalan.

Aksi damai Palestina di Balai Kota Malang. foto : Azmy

Aksi simpatik ini terjadi di bilangan Alun-Alun Tugu Malang, Jumat (21/5/2021). Massa aksi tergabung dari berbagai komunitas lintas elemen masyarakat dan keagamaan. Mereka satu suara mengutuk keras agresi Israel yang terus merongrong kemerdekaan Palestina.

Bacaan Lainnya

”Ini sebagai bentuk simpati dan solidaritas kami sesama umat Muslim turut merasakan duka yang dirasakan saudara kita di Palestina,” ungkap Koordinator M3RCI, Karim Basalamah pada awak media di sela aksi.

Dalam aksi itu, para kalangan tua, muda juga anak kecil ikut berpartisipasi menyuarakan solidaritas itu. Lewat sejumlah spanduk dan poster bertuliskan berbagai macam dukungan. Sebut saja ‘Palestina Aku Padamu’ dan lain sebagainya.

Wali Kota Malang, Sutiaji, memberi orasi sejenak dalam aksi demo dukung Palestina. foto: Azmy

Mereka turut mengibarkan bendera Palestina dan Indonesia sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya. Palestina, menurut mereka adalah negara yang merdeka dan berdaulat, seperti Indonesia.

”Kedaulatannya juga diakui, termasuk kita umat dari Indonesia. Namun hingga saat ini, Israel masih terus saja merongrongnya. Kami mengutuk keras dan meminta Israel berhenti menyerang Palestina,” tegas dia.

Selain menggelar aksi, mereka juga mengadakan lelang sebuah rumah milik salah satu peserta aksi. Hasil dari penjualan, ungkap dia, akan didonasikan untuk membantu umat muslim Palestina.

Baca Juga  Wawali Kota Malang Tanam Pule di Wilayah Perkantoran

”Itu ada ikhwan kita berinisiatif melelang rumahnya. Nanti hasil penjualan akan kita serahkan langsung kepada saudara kita di Palestina,” pungkasnya.

Para perempuan muslim juga turut serta dalam aksi damai Bela Palestina. foto : Azmy

Dalam aksi ini mendapat dukungan simpatik dari jajaran Forkopimda Kota Malang. Turut berorasi, Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata hingga Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdhian Primadona.

Sutiaji dalam orasinya mengaku turut prihatin dan mengecam keras aksi tidak berperikemanusiaan Israel ini. Sebagai sesama umat manusia, kata dia, jika nilai-nilai kemanusiaan diinjak-injak, memang tidak bisa dibiarkan.

”Dengan ini, kita gelorakan semangat perjuangan membela saudara kita di Palestina. Dari Malang, Untuk Palestina. Salam Satu Jiwa,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, bahwa terlepas dari semua kepentingan, kemanusiaan tetap harus diutamakan. Inilah yang sudah dilanggar oleh Israel.

”Kita semua dalam semangat yang sama. Membela hak-hak saudara kita. Semoga kemerdekaan Palestina secara utuh segera diwujudkan. Karena kemerdekaan setiap orang adalah wajib hukumnya,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *