5 Tips Berolahraga Ketika Puasa Ramadhan

  • Whatsapp
caption foto : berolahraga sumber foto : pexels

Tugumalang.id  – Berolahraga dan mempertahankan gaya hidup sehat selama Ramadhan akan terasa sulit karena kita tidak bisa minum air atau makan saat berpuasa. Untuk kamu yang sudah terbiasa untuk berolahraga setiap harinya, ikuti beberapa tips ini agar tetap bisa berolahraga ketika puasa.

1. Hidrasi di Pagi Hari
Minumlah air sebangak mungkin antara iftar dan sahur, karena dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi pada siang hari terutama saat kamu berencana untuk berolahraga. Pastikan untuk minum satu hingga dua gelas sebelum tidur dan ketika bangun.

Bacaan Lainnya

2. Temukan Waktu Yang Tepat
Puasa akan terasa berbeda untuk setiap orang, jadi yang terpenting adalah menemukan waktu yang terbaik untuk berolahraga. Kebanyakan orang akan memilih malam hari selang beberapa jam setelah berbuka sehingga dapat bebas meminum air sebanyak yang dibutuhkan, namun kamu juga dapat mencoba pada 20 – 30 menit sebelum berbuka.

3. Ikuti Kelas Olahraga
Dibandingkan dengan melakukan sendiri dirumah, ada baiknya untuk mengikuti kelas olahraga. Instruktur olahraga lebih paham mengenai gerakan apa yang harus kamu lakukan sehingga mengurangi risiko dehidrasi ketika berolahraga saat puasa.

4. Makan Sahur Yang Mengenyangkan
Pastikan makananmu saat sahur dapat membuatmu kenyang sepanjang hari. Cobalah untuk memakan karbohidrat kompleks seperti gandum dan kacang-kacangan. Karbohidrat kompleks akan melepaskan energi lebih lama daripada karbohidrat simpleks, sehingga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

5. Waktu Olahraga Yang Singkat
Lakukan olahraga dalam waktu yang singkat seperti 10 menit saja. Pilih juga gerakan-gerakan yang ringsn seperti peregangan dan jalan santai sehingga tidak menguras banyak energi.

Baca Juga  Sayangi Lingkungan, Berikut Tips Manfaatkan Sisa Makanan

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu ikuti jika ingin berolahraga selama puasa di bulan Ramadhan ini. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *