Kota Batu, Tugumalang.id – 5 desa wisata di Kota Batu, Jawa Timur berhasil tembus 500 besar di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Usai melalui proses kurasi yang panjang oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ketetapan ini diumumkan pada Rabu (22/5/2024).
Kelima desa wisata tersebut yakni Desa Tulungrejo (Wisata Tematik Agribisnis Petani Agriraya), Desa Torongrejo (Wisata Tematik Agribisnis Saung Tani), Desa Pandanrejo (Wisata Tematik Agribisnis Strawberry), Desa Punten (Wisata Tematik Agribisnis Jeruk Keprok Punten dan Desa Sidomulyo (Wisata Tematik Ekonomi Kreatif Edukasi Kokedama dan Wisata Tematik Budaya Sakura).
Lima desa tersebut berhasil bersaing dengan 6.010 desa di Indonesia yang ikut dalam helatan akbar tahunan ini. ADWI 2024 merupakan ajang bergengsi yang menantang desa memiliki konsep wisata dan ekonomi secara berkelanjutan.
Dalam ADWI 2024 ini mengusung tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia”. Kelima desa di kota apel ini dikurasi dengan 5 kategori penilaian seperti daya tarik, amenitas, digital, kelembagaan dan SDM, dan serta resiliensi.
Baca Juga: Telaga Madiredo, Wajah Masa Depan Desa Wisata Berkelanjutan di Malang Barat
Menanggapi hal ini, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menuturkan apresiasinya atas lolosnya 5 desa wisata hingga di 500 besar ADWI 2024. Namun ini belum final. Ia berharap desa-desa tersebut bisa menembus babak 50 besar ADWI 2024.
“Kami sangat apresiatif atas capaian ini. Dari 8 desa wisata yang kita daftarkan, ada 5 desa wisata yang lolos di 500 besar. Mudah-mudahan bisa masuk ke 50 besar nantinya,” kata Aries.
Meski berhasil masuk 500 besar, kata Aries, Kota Batu akan berupaya meningkatkan pengelolaan dan mempromosikan potensi desa wisata di Kota Batu, agar lebih dikenal dan dikunjungi wisatawan secara luas.
Baca Juga: 10 Jalur Tikus Bebas Macet di Kota Batu selama Lebaran 2024, Bonus View Alam dan Desa Wisata
Selain wisata, pihak desa juga diimbau menata lagi konsep ekonomi dan lingkungan agar menjadi destinasi wisata yang memiliki aspek sustainable. Dari ADWI 2024 ini diharapkan menjadi sarana bagi desa-desa wisata untuk memperkuat jaringan komunikasi setiap desa dan memacu kreativitas dan inovasi.
“Pemkot Batu terus berupaya meningkatkan pengelolaan dan mempromosikan potensi desa wisata yang ada, agar lebih dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan. Tujuannya agar bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” katanya.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter : M Ulul Azmy
editor: jatmiko