4 Cara Tepat Atur Waktu, Agar Tak Terburu-buru

  • Whatsapp
Caption: dibutuhkan skill manajemen waktu agar mampu mengatur waktu dengan baik Sumber foto: unsplash.com

Tugumalang.id — Waktu adalah hal yang sangat krusial. Tentu Anda tidak asing dengan peribahasa “waktu adalah uang”. Peribahasa ini menyiratkan betapa pentingnya waktu itu, sampai ia dikaitkan dengan uang dimana kita tidak bisa hidup tanpanya. Maka dari itu, penting untuk memanfaatkan waktu yang dimiliki saat ini agar tak menyesal di kemudian hari. Salah satu caranya adalah dengan mengatur waktu dengan baik. Nah, untuk dapat melakukannya dibutuhkan skill memanajemen waktu. Namun tak semua orang pandai mengatur waktunya. Sehingga mereka seringkali terburu-buru atau bahkan terlambat. Namun mengatur waktu tidak sesulit itu apabila Anda mengikuti beberapa tips. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Jangan Menunda Pekerjaan
Menunda adalah hal yang harus dihindari apabila Anda ingin memiliki skill manajemen waktu yang baik. Selain itu, jika ada tugas yang tiba-tiba datang atau munculnya suatu masalah membuat Anda harus mengatur ulang waktu. Sehingga pekerjaan yang seharusnya sudah selesai, justru akan menjadi tambahan beban.

2. Fokus pada Pekerjaan yang Dikerjakan
Dengan fokus pada pekerjaan yang sedang digarap, maka Anda akan lebih mudah memenuhi tenggat waktu yang diberi. Selain itu, makin fokus Anda, maka makin cepat pula tugas akan terselesaikan. Tak hanya itu, fokus juga dapat meminimalisir kesalahan sehingga kita bisa menghasilkan hasil pekerjaan yang lebih berkualitas. Agar tidak mudah terdistraksi coba lakukan hal-hal seperti meditasi dan mendengarkan musik klasik. Cara tersebut juga dinilai efektif untuk tetap fokus meski adanya suasana bising di sekitar.

3. Buat List dan Tentukan Tenggat Waktu
Dengan membuat to do list berserta tenggat waktunya, maka Anda dapat mengerjakan pekerjaan satu per satu tanpa harus multitasking. Karena nyatanya, multitasking hanya menyebabakan kinerja melambat serta kehilangan fokus. Sehingga waktu yang dibutuhkan pun makin lama. Selain itu tenggat waktu pada to do list dibuat untuk membantu Anda mengejar target tiap harinya tanpa membuang waktu percuma.
Dengan membuat to do list berserta waktunya maka anda bisa bekerja dengan produktif tanpa tergesa-gesa. Selain itu, biasakan untuk bersikap disiplin. List tugas tersebut menjadi tak berguna saat Anda tidak bisa menepatinya dengan baik.

Baca Juga  Tips Cantik Saat Lebaran

4. Dahulukan Hal Penting
Dengan banyaknya hal yang harus dilakukan terkadang ada beberapa hal yang tertinggal. Jika tugas yang tertinggal tidak terlalu penting, mungkin kita bisa sedikit diabaikan. Namun, jika ada hal krusial yang tertinggal, tentu bisa menjadi masalah. Karena itu, membuat skala prioritas sangat penting. Urutkan semua tugas dari yang paling krusial hingga hal lain yang masih bisa dikesampingkan. Tugas yang berada pada urutan teratas harus dikerjakan paling awal dan tidak bisa ditunda. Sehingga, jika terjadi suatu masalah, maka hal krusial tadi tidak menjadi tambahan beban.

Nah, itu dia cara mengatur waktu dengan tepat. Biasanya sikap terburu-buru hanya akan menyebabkan rasa panik dan tidak tenang. Dengan 4 cara tersebut maka Anda bisa menuntaskan pekerjaan dengan tenang dan hasil kerja juga maksimal. Yuk, terapkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *