Tugumalang.id – Perusahaan memiliki berbagai macam cara saat hendak merekrut karyawan ataupun membuka lowongan magang bagi para mahasiswa. Dimulai dari pengisian link google form, mengakses website perusahaan, akun linkedin perusahaan, dan juga melalui email. Ketika kita hendak melamar pekerjaan melalui email, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar memberikan kesan baik terhadap HRD perusahaan. Berikut beberapa tipsnya :
1. Alamat email
Gunakanlah nama email yang memberikan kesan professional, kita cukup menggunakan nama panjang kita sebagai alamat email. Hindari penggunaan symbol yang berlebihan serta angka yang terlalu banyak. Contoh alamat email yang kurang professional adalah seperti [email protected] atau [email protected]. Pastikan pula alamat email yang dituju sesuai dengan informasi yang tertera agar email dapat diterima dengan baik dan tidak salah alamat.
2. Persiapkan dokumen
Bacalah dengan teliti dokumen apa saja yang diminta oleh perusahaan yang dituju. Pada dasarnya meliputi CV, kartu identitas (seperti KTP), cover letter atau motivation letter, dan juga portfolio. Pastikan kamu sudah mempersiapkan dokumen yang menjadi persyaratan rekrutmen dan perhatikan pula formatnya, rata-rata perusahaan diluar sana menginginkan dalam format PDF.
3. Pastikan subject terisi
Saat hendak mengirimkan lamaran melalui email, pastikan kamu mengisi subject email. Beberapa perusahaan akan memberi informasi tentang apa yang harus kamu cantumkan pada subject. Namun jika tidak ada keterangan demikian, kamu cukup menuliskan nama_posisi yang dipilih. Agar nantinya HRD perusahaan tidak kebingungan saat melihat email yang masuk.
4. Pastikan juga body email terisi
Hal yang tak kalah pentingnya ialah body email, akan sangat tidak sopan jika kamu membiarkan body email kosong begitu saja. Pastikan kamu mengawalinya dengan tulisan ‘Kepada HRD (nama perusahaan’ agar terkesan sopan. Selanjutnya kamu dapat memperkenalkan diri kamu secara singkat mulai dari nama dan posisi apa yang akan kamu lamar. Terakhir jangan lupa ucapkan terimakasih dan juga sertakan salam hormat dan nama diakhir body email.
5. Waktu mengirim email
HRD perusahaan akan lebih tertarik kepada mereka yang mengirim email pada jam kerja karena terkesan menghargai waktu. Jam kerja biasanya antara pukul 8.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun akan lebih baik jika kamu mengirimkannya pada pagi hari. Karena kamu akan memberi kesan, bahwa kamu termasuk orang yang semangat bangun pagi dan memprioritaskan waktumu dipagi hari untuk melamar pekerjaan.
Nah itu dia beberapa tips jika hendak melamar pekerjaan melalui email, dengan perhatikan poin-poin diatas maka peluang kamu untuk mendapatkan posisi tersebut akan lebih besar. Semoga bermanfaat!