Tugumalang.id – Telkomsel menegaskan komitmen untuk mencetak generasi technopreneur muda melalui program IndonesiaNEXT Season 8 yang digelar di Universitas Brawijaya (UB) Malang hingga 31 Mei 2024 mendatang.
Program ini bertujuan untuk mengakselerasi peningkatan keterampilan technopreneur generasi muda Indonesia dan membentuk talenta digital yang andal.
Ini sekaligus sebagai perwujudan proses bisnis berkelanjutan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).
Komitmen Telkomsel ini seiring dengan proyeksi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) yang mencatat kebutuhan akan 9 juta talenta digital pada tahun 2031.
Baca Juga: Telkomsel Jamin Konektivitas Digital Selama Piala Dunia U-17 2023 di 4 Kota
Berbeda dengan tahun sebelumnya, IndonesiaNEXT menghadirkan pembaruan, termasuk sertifikasi dan modul berbasis teknologi yang lebih spesifik, Bootcamp intensif, serta kolaborasi dengan alumni program.
Diharapkan, program ini dapat menjadi digital talent accelerator untuk mendorong inovasi generasi muda yang berkelanjutan.
UB menjadi kampus terakhir yang menjadi tuan rumah roadshow IndonesiaNEXT Season 8. Setelah sebelumnya juga digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, hingga Institut Teknologi Bandung (ITB).
Baca Juga: Telkomsel Gelar Panggung Seru di 5 Kota di Jawa Timur, Termasuk Malang
Selain menjaring talenta digital masa depan di kampus-kampus, roadshow IndonesiaNEXT Season 8 juga menghadirkan pembicara inspiratif pada DigiTalks Session serta National Lecturer Session.
Seperti Founder myECO & NextDev Alumni Maulana Derifato Achmad, General Manager Corporate Innovation Telkomsel Yardin Octora, dan Kepala Pusat Inovasi dan Transfer Teknologi UB Dias Satria.
Kuntum Wahyudi, General Manager Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel mengatakan, IndonesiaNEXT berupaya menjangkau lebih dari 79 ribu peserta dari 695 perguruan tinggi sejak 2016.
Telkomsel berharap sebagai digital talent accelerator dapat menghadirkan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan Indonesia.
”Terutama mendukung pemenuhan kebutuhan akan talenta digital andal dan berdaya saing tinggi di masa depan,” terang Kuntum,
IndonesiaNEXT merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel yang mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, corporate venture capital Telkomsel Ventures, sampai dengan digital business portfolio holding & platform company INDICO.
Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini ditujukan untuk mengembangkan inovasi bersama para stakeholders yang dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.
“Ini bukan hanya program CSR, tetapi juga komitmen nyata Telkomsel dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, khususnya melalui peningkatan kapabilitas dan daya saing talenta digital muda kita,” ungkapnya.
IndonesiaNEXT Season 8 terdiri dari empat tahap: Certification, Ideation Bootcamp, MVP Bootcamp, dan Awarding. Hingga 1.000 peserta terpilih akan mendapatkan pelatihan dasar dan International Certification yang bekerja sama dengan platform Kuncie.
Tahap-tahap selanjutnya melibatkan pengembangan keterampilan teknis seperti Data Analytics, UI/UX, Digital Marketing, Communications, hingga Machine Learning yang merupakan bagian dari fondasi pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI). IndonesiaNEXT akan diakhiri dengan Awarding bagi 9 peserta terbaik.
Pendaftaran untuk IndonesiaNEXT Season 8 masih dibuka hingga 31 Mei 2024. Program ini akan membagi peserta ke dalam 3 kategori: Hustler, Hipster, dan Hacker, yang setiapnya menitikberatkan pada minat dan pengembangan kemampuan yang berbeda. Calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui laman indonesianext.co.id.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter : M Ulul Azmy
Editor: Herlianto. A