Tugumalang.id – Untuk menghadirkan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan selama periode Natal dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menghadirkan 53 Posko Siaga NARU 2023 di sejumlah titik dk Jawa Timur. Di Posko tersebut, pengguna bisa menikmati berbagai layanan hingga promo menarik.
Di wilayah Jawa Timur, Telkomsel melakukan optimalisasi khususnya di 51 Point of Interest (POI) yang terdiri area residensial, transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU), dan gereja/rumah ibadah.
Baca Juga: Telkomsel Gelar Panggung Seru di 5 Kota di Jawa Timur, Termasuk Malang
Sebagai penunjang kenyamanan pelanggan dalam beraktivitas digital, Telkomsel menghadirkan 53 Posko Siaga NARU di Jatim. Rinciannya, 2 Posko Flagship yang berlokasi di Gwalk CitraLand Surabaya dan Jatim Park 2 Malang.
Lalu, ada 6 Posko Regular yang berlokasi di KBS Surabaya, Terminal Bungurasih Sidoarjo, SPBU Bence Malang, Pantai Kelapa Lamongan, dan Pahlawan Street Center Madiun. Kemudian 24 Posko Mandiri dan 21 Posko APC yang tersebar di berbagai tempat keramaian.
Manager Corporate Corporate Communications Jawa Bali Telkomsel Erwin Kusumawan menjelaskan di posko tersebut, pelanggan dapat mendapatkan beragam produk, aktivasi layanan digital Telkomsel dan penukaran Telkomsel Poin dengan merchandise.
Baca Juga: Telkomsel Gelar Panggung Seru di 5 Kota di Jawa Timur, Termasuk Malang
“Khusus di Posko Flagship, pelanggan dapat menikmati hiburan berupa games, lucky wheels, kursi pijat, sekaligus mencoba layanan Telkomsel Orbit,” jelas Erwin, Senin (18/12/2023).
Sementara itu dari sisi pengamanan jaringan di wilayah Regional Jawa Timur, Telkomsel melakukan peningkatan kapasitas BTS sebesar 16 persen dan penambahan 8 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), sehingga menggenapi lebih 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97 persen wilayah populasi.
Diperkirakan, selama momen Nataru 2024 nanti akan terjadi lonjakan trafik broadband di wilayah Regional Jawa Timur hingga sebesar 10 persen dibandingkan dengan hari biasa, atau 4,6 persen dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya.
Lonjakan trafik didorong oleh peningkatan akses media sosial sebanyak 9,3 persen video streaming sebanyak 11,9 persen layanan komunikasi sebanyak 5,6 persen, online gaming sebanyak 44,2 persen, hingga layanan e-commerce sebanyak 24,9 persen meningkat dibandingkan hari biasa.
Tak hanya layanan digital, Telkomsel juga menggelar program filantropi sebagai upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).
Tanggung jawab sosial dilakukan lewat pengobatan gratis bagi masyarakat dan pemberian nutrisi bagi bayi dan balita di Gereja GSJA Kasih Karunia Wirotaman, Ampelgading, Kabupaten Malang pada Sabtu (16/12/2023).
Program pengobatan gratis ini menyasar 50 warga pra sejahtera dengan bantuan berupa preventif, promotif dan kuratif untuk memudahkan akses masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan.
Program pemberian nutrisi bagi bayi dan balita ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi anak pada periode masa keemasan terutama yang berusia sampai 1.000 hari. “Program yang ditujukan kepada 250 bayi dan balita ini juga bertujuan untuk menurunkan prevalensi stunting di Indonesia,” jelas Erwin.
Telkomsel juga melakukan pendistribusian bantuan dana untuk Yayasan, Panti Asuhan, Gereja, dan Sekolah Luar Biasa (SLB), bantuan dana usaha bagi UMKM, bantuan dana pendidikan untuk siswa dan mahasiswa, paket sembako bagi masyarakat dhuafa, hingga bersih-bersih gereja dan rumah ibadah bersama karyawan di seluruh penjuru Indonesia.
Reporter: M Ulul Azmy
Editor: Herlianto. A