Tak Hanya Cantik, 6 Bunga ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Karena kecantikannya, bunga biasa dijadikan hiasan atau pajangan dalam ruangan. Namun, ternyata bunga juga dapat bermanfaat untuk kesehatan, loh. Di zaman modern ini ada banyak sekali inovasi yang memanfaatkan bahan alami, salah satunya dengan memanfaatkan bunga. Beberapa inovasi juga menunjukkan bahwa ternyata beberapa bunga bisa dimakan serta memberikan kesehatan untuk tubuh. Bunga apa sajakah itu? Yuk, lihat 6 bunga rekomendasi Healthline di bawah ini!

1. Hibiscus
Hibiscus adalah bunga yang biasa kita sebut sebagai kembang sepatu. Bunga yang sering kita jumpa ini ternyata memiliki manfaat besar untuk kesehatan loh. Meminum teh bunga sepatu secara teratur ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, teh ini juga baik untuk kesehatan jantung. Bunga yang biasa tumbuh di iklim tropis dan subtropis ini memiliki rasa cukup masam. Anda dapat menikmati olahan teh hibiscus dengan es atau diseduh panas, keduanya nikmat dan tidak mengurangi khasiat.

Bacaan Lainnya

2. Dandelion
Siapa sangka, ternyata bunga cantik ini juga terkenal karena kaya akan nutrisi. Bahkan dandelion tidak perlu diolah lebih dahulu untuk dinikmati dan diambil manfaatnya. Anda dapat memakannya langsung atau mencampurnya dalam salad. Ada banyak olahan dandelion seperti agar-agar, digoreng tepung, dan teh. Jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli teh dandelion instan di toko terdekat.

3. Pansy
Bunga cantik satu ini juga bisa Anda makan langsung atau dicampur dengan salad karena rasanya yang segar. Bunga berkelopak lima ini memiliki anti oksidan yang dapat memperlambat rusaknya sel karena adanya radikal bebas. Selain itu, pansy mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat virus atau bakteri. Karena ukurannya yang cukup imut, bunga ini juga biasa digunakan untuk hiasan kue kering.

Baca Juga  Ikuti 4 Tips Ini Agar Tetap Terhidrasi Selama Ramadhan

4. Nasturtium
Nastrium dikenal dengan bunga yang rasanya enak karena gurih namun juga lembut dan sedikit pedas. Sehingga nasturtium biasa dimakan langsung maupun diolah. Tidak hanya itu, bunga berwarna oranye atau kuning ini bergizi dan mengandung banyak mineral serta senyawa yang memiliki efek anti inflamasi dan anti oksidan.

5. Lavender
Bunga ungu yang biasa digunakan untuk mencegah nyamuk ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Biasanya bunga ini diolah terlebih dahulu seperti dibuat sirup, minuman keras, teh herbal, dan bumbu kering. Bunga yang awalnya tumbuh di Afrika Utara dan Mediterania ini memiliki rasa manis dan gurih. Sehingga cocok diolah dengan bahan-bahan lain seperti jeruk, rosemary, dan cokelat. Namun saat mengolahnya, Anda harus berhati-hati, karena jika terlalu banyak maka rasa lavender akan terlalu kuat. Selain diolah, aroma lavender yang khas dan menenangkan dapat mengurangi stres.

6. Kamperfuli
Bunga yang juga disebut juga sebagai honeysuckle ini telah menjadi salah satu obat yang ada dalam pengobatan Tiongkok sejak lama. Bunga ini biasa diolah menjadi sirup atau teh karena aromanya yang harum dan menenangkan. Selain itu, honeysuckle juga biasa digunakan sebagai pengganti gula. Namun hati-hati, karena pada beberapa jenis kamperfuli beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Ternyata bunga juga bermanfaat untuk kesehatan, ya. Tidak hanya mengobati, namun bunga-bunga tersebut juga biasa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Mana yang ingin kalian coba terlebih dulu?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *