Tugumalang.id – Sambang warga yang digaungkan Wali Kota Malang, Sutiaji, memberikan kesan tersendiri bagi warganya, khususnya warga Kayutangan yang dikunjungi pada Jumat (20/1/2023).
Terlebih, sambang warga ini tak hanya menampung aspirasi dan keluhan warga namun juga menyediakan beberapa jenis pelayanan publik dengan menggunakan mobil layanan keliling.
Di antaranya, layanan kesehatan dari Dinkes Kota Malang, administrasi kependudukan Dispendukcapil, Bank Jatim, Bapenda, Diskopindag hingga Disnaker PMPTSP.
Layanan itu dirasakan memudahkan oleh warga. Salah satunya oleh Cahyono (50). Warga Sawojajar ini mengaku senang adanya pelayanan publik menggunakan mobil keliling. Dalam pelayanan itu, ia memanfaatkan layanan untuk mendaftarkan usaha makanannya, roti mama bunz.

“Ini saya ngurus Nomor Induk Berusaha (NIB), kemarin dapat info dari teman, mumpung gratis dan tanpa biaya,” kata dia.
Menurut Cahyono, pelayanan publik dengan keliling ini sangat membantu. Selain tidak dipungut biaya, mayoritas layanan yang diberikan tidak membutuhkan waktu lama, syarat mudah dan langsung jadi.
“Alhamdulillah dibantu sama pemerintah, ini bisa langsung jadi NIB-nya. Setelah ini mau ngurus di Dinas Perdagangan (Diskopindag) masih di (mobil) sebelah. Senang ya karena engga bolak balik ke kantor cukup di sini,” jelasnya.
Kemudahan lain juga dirasakan Risma (27). Perempuan asal Klojen ini tengah mengurus proses adminitrasi kependudukan usai pindah domisili dari Wagir, Kabupaten Malang.
“Ternyata ngurus administasi di Kota Malang ini mudah, enak (layanannya) di sini langsung satu paket pelayanannya dari KTP, KK bisa langsung jadi. Ini ngurus pindah dari Wagir ke Klojen,” sambungnya.
Sementara itu, Administrator Kependudukan Database Dispendukcapil, Asteria Sri Susetyowati, menjelaskan bahwa setiap hari Jumat mobil pelayanan Dispendukcapil akan selalu bergerak mengikui agenda sambang kelurahan Wali Kota Malang. Rupanya, hal itu disambut antusias oleh masyarakat setempat.
“Antusiasme masyarakat selama berjalannya giat sambang warga ini sangat besar. Bahkan kemarin di (kelurahan) Dinoyo itu ada banyak sekali anak-anak sekolah yang mengurus KIA. Dari warga sendiri juga antusias mengurus data kependudukan,” imbuhnya.

Ditambahkan, beberapa pelayanan yang dimanfaatkan warga mayoritas adalah rekam KTP, perubahan KTP, KK, KIA, dan yang terbaru ada Identitas Digital Kependudukan (IKD).
Wali Kota Malang, Sutiaji, menyampaikan ini sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam kegiatan Sambang Warga tersebut, selain berdialog menampung aspirasi warga dan memberikan bantuan pada warga yang membutuhkan, Pemkot juga menghadirkan berbagai pelayanan mulai kesehatan, perizinan, pencatatan sipil hingga pelayanan publik lainnya.
“Sudah kami canangkan dari awal tahun 2023 ini, kami sambang warga setiap hari Jumat dengan semua perangkat daerah terlibat. Kita ajak berkeliling kelurahan dengan juga menyelenggarakan pelayanan,” pungkas Sutiaji.
Reporter: Feni Yusnia
Editor: Herlianto. A