Lihat Pemberitaan, Banyak yang Mengkhawatirkan Keberangkatan ke Papua

  • Whatsapp
Dr Aqua Dwipayana

“Pak Aqua tetap berangkat ke Papua? Kapan perginya? Acara di sana apakah bisa ditunda? Situasi Papua kan sedang tidak kondusif. TNI dan Polri lagi intens mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata di provinsi itu.”

Berbagai pertanyaan di atas saya terima dari teman-teman, termasuk saran-saran dan komentar setelah saya mengirimkan tulisan berjudul “Bersiap Menikmati Gangguan Internet Selama di Papua” ke ribuan anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan pada Sabtu siang (22/5/2021) kemarin.

Bacaan Lainnya

Umumnya teman-teman itu mengkhawatirkan keselamatan saya. Terutama mereka yang belum pernah ke Papua dan hanya mengetahui perkembangannya dari media termasuk media sosial.

Minggu tadi pagi (23/5/2021) teman akrab saya yang sudah seperti saudara sendiri, Direktur Utama Duta Anggada Realty Ventje Suardana khusus telepon saya. Setelah menanyakan kabar, pengusaha sukses yang sangat rendah hati itu banyak memberi nasihat ke saya.

“Tolong Pak Aqua selalu hati-hati saat di perjalanan dan selama di Papua. Laksanakan terus protokol kesehatan secara ketat. Juga kondisi Papua saya monitor di televisi cukup rawan,” ujar Ventje serius.

Bapak dua anak dan kakek satu cucu itu menambahkan, “Banyak orang yang membutuhkan Pak Aqua. Sehingga bapak harus selalu sehat agar bisa terus membantu masyarakat luas di seluruh Indonesia.”

Kepada Ventje, saya ceritakan rencana detil selama di Papua. Agenda utamanya adalah Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan puluhan peserta Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakat Kantor Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) Wilayah Papua. Kakanwilnya Anthonius Mathius Ayorbaba yang mengundang saya.

Baca Juga  Dr Aqua Dwipayana: Niatkan Mengurus Sekolah Sepak Bola Sebagai Ibadah

Webinar di Lanud Silas Papare Sentani

Selain itu kegiatan lainnya adalah silaturahim. Ada belasan orang yang sudah konfirmasi siap menerima saya. Kami akan mendiskusikan berbagai hal.

Saya yakin selama di Papua bakal banyak mendapat pelajaran berharga. Apalagi ketemu banyak orang yang latar belakangnya beragam. Mereka antara lain pejabat TNI, Polri, pejabat pemerintah, pengusaha maupun tokoh agama.

Saat ketemu mereka, saya akan banyak menyimak. Meniatkannya belajar. Mencari informasi sebanyak-banyaknya buat menambah ilmu, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman.

“Saya doakan saat di perjalanan dan selama di Papua kegiatan Pak Aqua lancar. Meski ketemu banyak orang, bapak tetap sehat,” pungkas Ventje.

Senin dini hari (24/5/2021) nanti sekitar pukul 01.30 saya naik Garuda Indonesia GA 656 meninggalkan Bandara Soetta Tangerang, Banten. Selama di pesawat saya duduk di kursi no 6K. Besok pagi sekitar pukul 08.40 WIT diperkirakan pesawatnya mendarat di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Begitu mendarat di Bandara Sentani, saya langsung ke Lanud Silas Papare Sentani. Istirahat dan numpang mandi di sana. Setelah itu sarapan bareng Komandan Lanudnya Marsekal Pertama TNI Budhi “Phantom” Achmadi.

Sekitar pukul 10.00 WIT atau pukul 08.00 WIB di Lanud Silas Papare Sentani, lewat zoom, saya menjadi pembicara webinar Goes To Campus “Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi” yang dilaksanakan Tugu Media Group dan Paragon Technology Innovation, perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia.

Pesertanya sekitar 650 mahasiswa dari empat perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Surabaya. Yaitu, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), UIN Sunan Ampel Surabaya (Uinsa), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

“Di kantor saya insya ALLAH jaringan internetnya lancar Pak Aqua. Silakan jika bapak mau webinar dari sini. Staf saya akan mendampingi bapak dan membantu menyiapkan semua kebutuhan Pak Aqua terkait acara tersebut,” ujar Budhi yang mantan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Brasil.

Baca Juga  Hadiah Hari Pertama Ramadan, Undangan dari Kakanwil Hukum dan HAM Papua Anthonius Mathius Ayorbaba

Keterampilan Komunikasi

Tugu Media Group yang membawahi tugumalang.id dan tugujatim.id bakal menggelar Tugu Media Goes to Campus. Kegiatan ini merupakan pelatihan yang memberi bekal pemberdayaan pada mahasiswa terkait jurnalistik dan fotografi. Tugu Media Goes to Campus bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation (PTI) yang memang mempunyai fokus program pada kemajuan di bidang pendidikan.

Tugu Media Goes to Campus sebelumnya sudah sukses dilaksanakan di UIN Maliki Malang, Universitas Negeri Malang (UM), dan beberapa sekolah menengah atas di Malang Raya. Peserta yang bergabung berjumlan ratusan orang.

“Kegiatan ini dihadiri oleh 200 peserta dari masing-masing PTN, untuk di Surabaya akan diselenggarakan di 4 PTN sekaligus. Setidaknya akan dihadiri sekitar 500-800 peserta,” jelas Bayu Eka Novanta selaku Manager Event dan Ketua Pelaksana, Sabtu (22/05/2021).

Mentor yang mengisi juga sangat berkompeten di media massa dan jurnalistik, yaitu Pemimpin Redaksi Tugujatim.id Nurcholis MA Basyari, Koordinator Liputan Tugumalang.id Sujatmiko, saya , dan tiga mentor lain yang begitu matang dalam sepak terjang di dunia jurnalistik.

Saya akan menyampaikan materi dengan tema “Mengukir Masa Depan dengan Keterampilan Komunikasi”. Hal itu dinilai bermanfaat karena kemampuan berkomunikasi merupakan bekal penting dan dapat berguna untuk membangun masa depan manusia termasuk mahasiswa.

Tadi sore materinya sudah saya kirimkan ke panitia. Insya ALLAH saya besok siap Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara tersebut. Terima kasih banyak kepada semua pihak yang membantu kelancaran kegiatan saya tersebut, terutama pada Komandan Lanud Silas Papare Sentani Marsekal Pertama TNI Budhi Achmadi.

Semoga semua kegiatan tersebut bernilai ibadah. Aamiin ya robbal aalamiin…

>>>Dari lounge Garuda Indonesia terminal 3 Bandara Soetta Tangerang, Banten, menjelang ke Papua, saya ucapkan selamat mengoptimalkan berbagi tanpa pamrih pada sesama. Salam hormat buat keluarga. 23.30 23052021😃<<<

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *