Kolaborasi Aqua Dwipayana dan Savero Karamiveta Bahas Motivasi Sukses

  • Whatsapp
Savero Karamiveta (kiri atas) dan Aqua Dwipayana (kiri bawah) menjadi pembicara dalam Ruang Bincang Inspirasi, pada Sabtu (5/6/2021). Foto: tangkapan layar

Tugumalang.id – Ibarat peribahasa buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana, berkolaborasi langsung dengan putra bungsunya sekaligus aktivis sosial, Savero Karamiveta Dwipayana, lewat sharing virtual bertajuk Ruang Bincang Inspirasi, pada Sabtu (5/6/2021).

 

Menurut mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran sekaligus Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini, impian menjadi faktor penting guna mencapai tujuan dan kesuksesan.

 

Selayaknya gunung es, orang melihat setiap pencapaian kita tanpa mengetahui prosesnya. “Orang tahunya atasnya aja padahal untuk mewujudkan ABCD, kita perlu melakukan E sampai Z untuk sekedar mendapatkan ABCD. Perjuangan tiap orang itu beda-beda, nggak ada salahnya jika kamu memperjuangkan diri kamu, yang penting apa yang pengenin itu diperjuangin jangan cuma lewat doang,” ujarnya Ero, sapaan akrabnya.

Pemaparan Savero Karamiveta dalam Ruang Bincang Inspirasi, pada Sabtu (5/6/2021). Foto: tangkapan layar

Di samping itu, dia juga memberikan tips untuk mencapai impian yang diingingkan. Salah satunya menulis berbagai impian di kertas. “Dulu, ayah saya ngajarin bahwa ada yang namanya alam bawah sadar, dalam artian ketika kita punya sesuatu yang kita inginkan, kita akan memperjuangkan impian-impian itu tanpa sadar,” jelas Redaktur Pelaksana tugujatim.id ini.

 

Meski demikian, diakui Ero, tidak semua impian akan tercapai karena memang tidak mudah prosesnya. “Tapi yang penting harus diusahakan, kalau emang tidak tercapai ya mungkin bukan jalannya dan nggak boleh dipaksakan, takutnya bukan buat kita. Kalau kita dapat apa yang kita inginkan tapi bukan buat kita ya buat apa? Ujung-ujungnya malah nggak nyaman dan percayalah Tuhan sudah menciptakan cerita terbaik untuk setiap orang dengan jalan yang ciamik,” sambung adik Alira Vania Putri Dwipayana itu.

Baca Juga  Puncak Silaturahim: Berkunjung ke Rumah

 

Paling penting, masih kata Ero, dalam membuat impian, haruslah kualitatif bukan kuantitatif. Misal, membahagiakan orangtua harus lebih spesifik yang seperti apa dan bagaimana. Juga ketika tidak bisa mencapai satu impian, bukan berarti gagal namun bisa langsung diganti dengan impian yang lain.

 

Adapun cara untuk sukses meraih sesuatu, baginya ada dua. Mengikuti jalan orang lain atau mencari jalan kita sendiri meski meliuk-liuk. “Mengikuti orang tidak selalu benar, tapi tidak juga selalu salah. Kadang membuat jalan sendiripun kalau kita jalani sendiri kita jadi tahu diri kita sendiri dan bisa jadi opsi yang tepat sampai akhirnya kita ketemu dengan orang-orang yang tadi yang udah punya jalan yang mulus. Karena kita milih jalan sendiri, kita bisa nikmati jalan kita sendiri dan lebih mengenal diri sendiri,” jelasnya.

 

Hanya saja, kata dia, hal tersebut tidak bisa terwujud tanpa adanya konsistensi keberanian untuk memulai. Memulai menjadi diri sendiri dan bermanfaat untuk orang lain.

 

“Prinsipku adalah Say Yes Before Knowing How. Jadi kalau ada apa-apa, iyain aja dulu. Karena kita masih muda masih belum cukup pengalaman, masih pengen cari tahu maunya kita apa sih. Jadi ketika ada opsi, coba dulu sampai nanti ada di fase dimana kita merasa cukup, sudah matang, dan menemukan tujuan hidup. Seenggaknya kalau ditawari dan aku menolak, aku tahu bukan karena takut tapi karena pernah melakukan dan tidak suka,” tukas Ero.

 

Reporter: Feni Yusnia

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *