Tugumalang.id – Meski pandemi COVID-19 kembali naik, namun keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi masih terjaga. Hal ini berdasarkan Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Malang pada bulan Februari 2022 yang dirilis Selasa (1/3/2022).
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi mengatakan bahwa keyakinan tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2022 yang tercatat sebesar 109,00.
“Artinya, keyakinan konsumen masih berada pada level optimis. Meski sebenarnya angka lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada Januari 2022 yang mencapai 133,25,” ujarnya.
Sedangkan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga terpantau melemah, tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini tercatat sebesar 88,83 lebih rendah dari bulan sebelumnya yang tercatat 109,33.
Penurunan IKE, tambah dia, terjadi pada tiga komponen pembentuknya yakni Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja, Indeks Penghasilan Saat Ini, dan Indeks Pembelian Durable Goods.
“Hal ini sejalan dengan diberlakukannya kembali kebijakan peningkatan Level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membatasi mobilitas masyarakat untuk mengatasi peningkatan penyebaran varian Omicron COVID-19,” tutur Samsun.
Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis dengan capaian sebesar 129,17 (indeks >100). Angka ini juga diketahui tidak setinggi bulan sebelumnya yang tercatat 157,17.
Oleh karenanya, percepatan vaksinasi dan pembatasan mobilitas masyarakat diharapkan dapat menjadi game changer dalam menekan penyebaran kasus COVID-19. “Dengan demikian, diharapkan mampu memperkuat optimisme konsumen dalam mengakselerasi pemulihan perekonomian,” tukasnya.
Reporter: Feni Yusnia
Editor: Lizya Kristanti