Minggu, Agustus 16, 2026
Tugumalang.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Tugu SehatNEW
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis & Properti
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Home
  • Tugu SehatNEW
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis & Properti
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
No Result
View All Result
Tugu Malang ID
No Result
View All Result
Home Tugu Sehat

Kaitan Kopi Espresso dengan Kadar Kolesterol, Pecinta Kopi Wajib Tahu

Redaksi by Redaksi
Agustus 26, 2022 10:07 am
in Tugu Sehat
kadar kolesterol - Kaitan Kopi Espresso dengan Kadar Kolesterol, Pecinta Kopi Wajib Tahu

Kopi Ekspresso. dok/pixabay

Share WhatsappShare FacebookShare Twitter

TuguMalang.id – Bagi pecinta kopi, espresso kopi mesti tak asing di telinga. Jenis kopi hitam yang satu ini ternyata dapat menimbulkan kolesterol terlebih pada pria. Hal itu dapat terjadi tergantung dari jenis kopi dan proses pembuatannya.

Menurut ISIC, jenis kopi yang diseduh mengandung berbagai tingkat diterpen (kandungan senyawa dalam kopi) dan hal itu menimbulkan berbagai efek pada kadar kolesterol. Salah satu jenis kopi tersebut yakni Espresso.

READ ALSO

Ahli Gizi Ungkap Manfaat Jalan Kaki dan Pola Makan Sehat

Nikotin dalam Tembakau, Zat Adiktif yang Membuat Tubuh Sulit Lepas

Sajian kopi. foto/pixabay

Jenis kopi ini memiliki sekitar setengah jumlah diterpen yang ditemukan dalam kopi tanpa filter. Pada umumnya sebagian orang meminum espresso dalam porsi kecil, hal itu memungkinkan memberi efek kecil terhadap kolesterol.

Dikutip dari business insider, risiko kolesterol tinggi akibat kebanyakan minum espresso dibuktikan oleh sebuah studi yang terbit di jurnal BMJ Open Heart.

Studi tersebut memaparkan bahwa para peneliti dari Arctic University of Norway, University of Oslo dan University of Gothenburg di Swedia telah mempelajari data survei 21.083 orang Norwegia, berusia 40 tahun ke atas.

Lalu membandingkan kebiasaan minum kopi dengan kadar kolesterol melalui sampel darah. Para peneliti di Norwegia telah memantau data itu untuk menentukan apakah espresso dapat mempengaruhi kadar kolesterol seseorang.

Hasilnya yaitu meminum tiga sampai lima cangkir espresso per hari mengakibatkan kadar kolesterol tinggi dibandingkan tidak minum. Ketika mengkonsumsi espresso pria cenderung lebih rentan terkena kolesterol daripada wanita.

Gejala jangka pendek akan timbul ketika mengkonsumsi lebih dari batas yang direkomendasikan yakni 400 miligram atau setara dengan empat cangkir kopi. Sementara itu, overdosis kafein dapat terjadi jika mengkonsumsi kopi dengan tingkat yang lebih tinggi sekitar 30-50 cangkir kopi atau lebih.

Dilansir dari Medical News Today, kadar kolesterol dipengaruhi oleh minyak yang secara alami terdapat dalam biji kopi bukan dari jumlah kafein yang terkandung dalam kopi. Minyak alami tersebut adalah cafestol dan kahweol yang dikenal juga dengan diterpen.

Terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau sumber kafein lain dapat menimbulkan efek samping seperti kegelisahan, kecemasan, mual, berdebar, dan dalam kasus ekstem tidak sadarkan diri atau kematian.

 

Penulis : Dian Tamara Devi

editor: jatmiko

—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID , 
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id

 

 

Tags: espressokadar kolesterolkesehatankholesterokolesterolkopi espresso

Related Posts

Jalan Kaki dan Pola Makan Sehat Jadi Kunci Hidup Sehat
Advertorial

Ahli Gizi Ungkap Manfaat Jalan Kaki dan Pola Makan Sehat

Jumat, 14 Agu 2026
Nikotin dalam Tembakau, Zat Adiktif yang Membuat Tubuh Sulit Lepas
Tugu Sehat

Nikotin dalam Tembakau, Zat Adiktif yang Membuat Tubuh Sulit Lepas

Jumat, 14 Agu 2026
7 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Ada Serat dan Vitamin C
Tugu Sehat

7 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Ada Serat dan Vitamin C

Senin, 10 Agu 2026
Terlalu Sering Rebahan Tingkatkan Risiko Diabetes hingga Hipertensi
Tugu Sehat

Terlalu Sering Rebahan Tingkatkan Risiko Diabetes hingga Hipertensi

Rabu, 5 Agu 2026
Teh Hijau Banyak Dipilih, Ini Kandungan dan Manfaatnya bagi Kesehatan
Tugu Sehat

Teh Hijau Banyak Dipilih, Ini Kandungan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Jumat, 31 Jul 2026
Duduk Terlalu Lama Bisa Berdampak Buruk, Ini Cara Sederhana Menguranginya
Tugu Sehat

Duduk Terlalu Lama Bisa Berdampak Buruk, Ini Cara Sederhana Menguranginya

Senin, 20 Jul 2026
Next Post
aplikasi

Rekomendasi Tiga Aplikasi editing video di Hp Android terbaik dan gratis

BERITA POPULER

  • Tatik Swartiatun (tengah) didampingi kuasa hukumnya memberikan pernyataan soal sengketa Sardo Swalayan. (Foto/M Sholeh)

    Sengketa Kepemilikan Sardo Swalayan Malang Memanas, Tatik Menangkan Praperadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Prediksi Susunan Pemain Bhayangkara FC vs Arema FC: Misi Sulit Singo Edan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 SMK Swasta Terbaik di Kota Malang 2026: Pilihan Unggulan untuk Masa Depan Cerah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bukber di Balik Jeruji Besi, Napi Lapas Malang Lepas Rindu Bersama Keluarga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Saweran

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Advtm 07222026 2
Advtm 07222026 1
Advtm 06302026 1
Adv02262026
02 Iklan Gerakan Arek Jatim A

Portal berita Tugu Malang (tugumalang.id) merupakan perusahaan media siber di bawah naungan PT Tugu Media Komunikasindo

LOGO TUGU MALANG RED 2021

Ikuti Kami

Navigasi Site

  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Disclaimer
  • Kebijakan Data Pribadi
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Form Pengaduan
  • Pedoman Media Siber

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.

Jaringan Media 

Tugumalang.id 

Tugujatim.id 

Tugusehat.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Tugu Sehat
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis & Properti
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.