JAKARTA, Tugumalang.id —BPJS Kesehatan pastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap bisa mengakses pelayanan di masa libur lebaran. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta JKN.
Ia menjelaskan, BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas yang berarti peserta pelaksanaan program JKN dapat mengakses pelayanan dimanapun dan kapanpun, termasuk saat libur lebaran.
“Dengan adanya kebijakan khusus selama libur lebaran 2023, dapat dipastikan peserta JKN tetap terlayani dengan mudah, cepat, setara,” ujar Ghufron.
BPJS Kesehatan juga menerapkan layanan khusus di kantor cabang guna mengakomodir berbagai kebutuhan peserta JKN. Layanan berupa piket tersebut memberikan akses tatap muka di Kantor Cabang untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)) atau peserta mandiri, dan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).
Layanan di atas dibuka pada 19-21 April 2023, dan 24-25 April 2023, pukul 08.00 sampai dengan 12.00. Terdapat pula layanan lain berupa pendaftaran autodebet melalui aplikasi Mobile JKN, serta 955.429 kanal pembayaran yang bisa dimanfaatkan untuk membayar iuran kepesertaan.
Selain Mobile JKN, para peserta juga bisa memanfaatkan layanan digital lain untuk memenuhi keperluan administrasi mereka. Ada Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), Pelayanan Administrasi via WhatsApp (PANDAWA), hingga Care Center 165. Hadir pula Mobile Customer Service (MCS) di berbagai lokasi yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.
Selain itu, Ghufron menyatakan bahwa peserta dapat mengakses layanan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) meski dalam masa libur lebaran sekalipun. Di sisi lain, pelayanan obat Program Rujuk Balik (PRB) tetap mengacu pada kebijakan pelayanan di FKTP selama libur lebaran.
“Apabila peserta mengalami kendala saat mengakses layanan fasilitas kesehatan, mereka dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP). Khusus di rumah sakit, BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) untuk mempermudah dalam mengakses informasi pelayanan,” terang Ali Ghufron Mukti.
Dalam upaya mengoptimalkan teknologi informasi selama masa libur lebaran, BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan tim POSKO RAFI (Posko Terpadu Siaga Ramadan dan Idul Fitri). Nantinya, tim itu akan memantau dan menanganai kendala sistem teknologi dan informasi dalam pelayanan, serta melindungi data pribadi hingga keamanan siber dari akses ilegal.
Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga akan menyediakan Posko Mudik di lima titik di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek Km 57, Rest Area Tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Sedangkan Posko Arus Balik padat pemudik berada di satu titik, yakni Rest Area Banjaratma Km 260 Brebes.
Di posko-posko tersebut, pemudik bisa mendapat layanan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, tindakan emergency sederhana, dan pemberian rujukan bila perlu. BPJS Kesehatan juga menyediakan ambulans untuk mengantar pemudik ke rumah sakit jika harus mendapat perawatan lebih lanjut.
Reporter: Shinta Alifia
editor: jatmiko