Jelang Idul Fitri, Pemkot Batu Prioritaskan Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia

  • Whatsapp
Salah satu lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Batu. Foto: M Sholeh

Tugumalang.id – Lansia menjadi kelompok masyarakat yang memiliki resiko tinggi terpapar COVID-19. Terlebih dalam momen Idul Fitri, banyak masyatakat yang akan silaturahmi ke orang tua masing-masing.

Mengantisipasi hal tersebut, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menuturkan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan target vaksinasi menjelang Idul Fitri. Dimana Pemkot Batu akan memprioritaskan vaksinasi bagi lansia yang memang memiliki resiko paling rentan terpapar COVID-19. “Ketika vaksin datang, kita akan targetkan terlebih dahulu untuk lansia. Karena Hari Raya nanti banyak keluarga yang bisa menulari kakek nenek mereka,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Bank BNI

Dia mengatakan, lansia menjadi kelompok masyarakat yang terpapar COVID-19 terbanyak di Kota Batu. Sementara, lansia juga memiliki resiko kerentanan tertinggi meninggal akibat terpapar COVID-19. “Di Kota Batu ini, yang terjangkit COVID-19 memang rata-rata dari lansia,” ucapnya.

Dikatakan, pihaknya juga akan melibatkan tenaga kesehatan dari TNI dan Polri untuk membantu kelancaran proses vaksinasi. Dengan demikian, jika vaksin bisa segera datang lagi, maka pelaksanaan vaksin bagi lansia bisa berjalan lebih cepat. “Kan TNI Polri juga memiliki dokter-dokter ahli dalam bidang tersebut. Begitu vaksin turun di 2 minggu ini, maka langsung diutamakan ke lansia,” ujarnya.

Sementara di Kota Batu, terdapat sekitar 14 ribu lansia yang masuk dalam sasaran vaksinasi. Sedangkan saat ini masih 2.763 lansia yang sudah menjalani vaksinasi.

Reporter: M Sholeh

Editor: Lizya Kristanti

Baca Juga  Salat Idul Fitri Berjamaah di Kota Malang Dibolehkan, Begini Kata Wali Kota Malang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *