Jangan Konsumsi 5 Kombinasi Makanan Ini Secara Bersamaan

  • Whatsapp
Ilustrasi: kombinasi makanan yang berbahaya untuk tubuh Sumber foto: unsplash.com

Sering kali kita makan beberapa makanan sekaligus dalam satu waktu. Memang sudah menjadi kebiasaan untuk menyiapkan beberapa lauk, sayur, atau makanan lain dalam satu meja makan. Namun, patut diwaspadai, bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Karena kandungan yang ada di dalam beberapa makanan tersebut dapat mengakibatkan beberapa efek buruk pada tubuh jika disatukan. Penasaran apa saja? Simak ulasan di bawah ini

1. Daging dan Telur Goreng
Meski kombinasi makanan ini sangat umum digunakan, namun ternyata kedua makanan tersebut cukup berbahaya jika dimakan bersamaan. Daging dan telur, apalagi jika digoreng, mengandung protein yang cukup tinggi. Jadi, apabila keduanya dimakan bersamaan tentu protein tinggi tersebut masuk ke tubuh dengan jumlah dua kali lipat dalam satu waktu. Sehingga sistem pencernaan akan kesulitan dan bekerja terlalu keras untuk mencerna keduanya.

Bacaan Lainnya

2. Kentang Goreng dan Burger
Kedua kombinasi ini sangat sering kita jumpai di banyak tempat makan siap saji karena memang rasanya enak dan mudah disiapkan. Selain itu kentang dan burger memang kombinasi yang tepat karena keduanya mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat pada kentang dan protein pada burger. Tetapi kentang goreng dan burger sama-sama digoreng kering dengan menggunakan banyak sekali minyak. Sehingga jumlah minyak yang terserap pun sangatlah banyak. Minyak mengandung kalori yang dapat berakibat buruk pada tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar seperti obesitas dan gangguan pencernaan lain.

3. Susu dan Jus Jeruk
Hindari minum jus jeruk dan susu secara bersamaan. Hindari juga meminum campuran keduanya seperti olahan susu rasa jeruk. Susu memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna dalam tubuh. Sehingga jeruk yang bersifat panas saat dicerna, akan memengaruhi proses pencernaan susu. Sehingga susu menjadi panas dan menggumpal lalu proses pencernaan pun terhenti. Keadaan ini dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti alergi, batuk, dan juga flu.

Baca Juga  Kenali 4 Tanda Wadah Plastik yang Aman untuk Makanan

4. Buah dan Sayur
Siapa yang menyangka jika buah dan sayur tidak boleh dimakan secara bersamaan? Makan buah setelah makan sayur dapat menimbulkan beberapa masalah pada pencernaan. Hal ini disebabkan karena buah memiliki kandungan gula lebih banyak dari sayur. Selain itu, buah dapat lebih mudah tercerna oleh tubuh daripada sayur. Sehingga proses mencerna sayur dapat terhenti dan tubuh tidak akan mendapat nutrisi serta kebaikan dari sayur yang dikonsumsi.

5. Yoghurt dan Buah
Buah dan yoghurt tidak disarankan untuk dimakan secara bersamaan karena kandungan yang ada di dalamnya. Asam dalam buah dan protein dalam yoghurt dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh seperti alergi.

Meski memakan beberapa makanan secara bersamaan memang enak, namun perhatikan makanan yang akan kalian makan, ya. Jadi, tidak hanya memperhatikan nutrisi pada tiap makanan, namun juga efek makanan tersebut dalam tubuh. Yuk, hidup sehat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *