Tugujatim.id – HRD (Human Resource Development) adalah orang pertama yang Anda hadapi saat melamar kerja di suatu perusahaan. Dia juga yang menentukan apakah Anda diterima atau ditolak. Untuk itu, tips membuat HRD tertarik pada Anda sangat penting. Berikut ini tips yang bisa dicoba.
Tahukah Anda bahwa karakter seseorang dapat mencerminkan kepribadiannya? Seorang rekruiter seperti HRD dalam sebuah perusahaan tentu saja memiliki kemampuan menilai kepribadian calon pegawainya melalui karakter orang tersebut. Nah, apa saja karakter yang wajib dimiliki oleh seorang pelamar pekerjaan? Simak penjelasannya.
1. Taat Peraturan
HRD tentu saja akan sangat memperhatikan ketaatan sang pelamar kerja terhadap peraturan yang diberikan. Hal itu dapat membuat proses rekrumen berjalan dengan lancar. Ketaatan seorang pelamar sudah dapat terlihat ketika melakukan proses interview, yaitu disiplin waktu.
Bayangkan saja seorang pelamar kerja memberikan kesan pertama yang buruk akibat terlambat pada proses interview, tentu saja kemungkinan besar HRD menolaknya.
2. Memberikan Jawaban Jelas dan Percaya Diri
Pada proses interview, seorang HRD melontarkan beberapa pertanyaan untuk mengukur apakah pelamar kerja tersebut memang layak bekerja pada perusahaannya atau tidak. Jika dia menjawab pertanyaan dengan jawaban yang berputar-putar, tentu saja ini sesuatu yang buruk.
Anda bisa mengatasinya dengan cara melatihan kemampuan komunikasi interpersonal sebelum proses interview dan juga menggunakan beberapa teknik interview seperti teknik STAR.
3. Aktif Bertanya
Tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan, namun seorang pelamar kerja yang baik harus bisa melontarkan pertanyaan kepada HRD. Ini membuat HRD berpikir bahwa Anda memang tertarik untuk bekerja pada perusahaan tersebut melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
Anda bisa bertanya seputar tugas dan tanggung jawab pada posisi yang dilamar ataupun hal-hal terkait ruang lingkup perusahaan seperti budaya ataupun gaya kerja pada perusahaan tersebut.
4. Bersifat Rendah Hati
Rendah hati berbeda dengan rendah diri. Anda tetap bisa menginformasikan pencapaian dan kemampuan yang Anda miliki tanpa terlihat sombong atau sedang pamer. Caranya adalah dengan memberikan bukti khususnya menggunakan fakta dan data. Dengan hal itu HRD pun akan melihat banyak potensi pada diri Anda tanpa berpikiran bahwa Anda adalah orang yang tinggi hati.
Itulah di 4 karakter yang wajib Anda miliki jika ingin dilirik oleh HRD perusahaan pada saat melamar pekerjaan. Pastikan dapat memberikan kesan pertama yang baik karena hal itu merupakan jalan awal karir Anda di dunia pekerjaan.
Penulis : Ifa Nadhifah Syah Putri
Editor : Herlianto. A