Ikuti 4 Tips Ini Agar Tetap Terhidrasi Selama Ramadhan

  • Whatsapp
Penuhi minum air yang cukup sepanjang malam. Foto:betterme

Tugumalang.id  – Haus merupakan salah satu tanda dari dehidrasi. Untuk menghindari dehidrasi, kamu perlu menambah kadar cairan yang ada didalam tubuh.

Tentu saja, saat puasa Ramadhan yang panjang, kita harus menahan untuk tidak minum air putih hingga tiba adzan maghrib. Rasa haus sudah menjadi pendamping sehari-hari apalagi jika sedang musim panas saat Ramadhan ini. Tetapi ada beberapa hal yang dapat membantu kamu untuk menghindari dehidrasi.

Bacaan Lainnya

Mengingat cara terbaik untuk menghindari dehidrasi adalah dengan minum cukup cairan, hal ini tidak akan menggantikan kebutuhan kamu untuk minum air. Namun, mereka akan membantu kamu mengurangi kebutuhan akan air antara minum terakhir dari sahur dan seteguk pertama saat buka puasa.

1. Minum Air Dalam Jumlah Yang Lebih Banyak
Persiapkan hari puasa kamu dengan minum air yang cukup sepanjang malam. Siapkan sebotol air pada malam hari, dan cobalah minum satu atau dua cangkir setidaknya setiap jam.

Cara mudah untuk mengingat agar kamu selalu minum air adalah mengaitkannya dengan aktivitas sehari-hari yang kamu jalani. Misalnya kamu harus minum segelas air setiap kali akan keluar kamar, atau kegiatan lainnya.

Cobalah minum tiga liter air sehari, tetapi ingatlah bahwa kamu perlu minum lebih banyak air ketika kamu sedang meminuman minuman yang manis seperti kebanyakan minuman khas Ramadhan, dan kafein.

2. Mandi Menggunakan Air Dingin
Mandi air dingin membantu untuk menghidrasi tubuh kamu selama bulan Ramadhan. Setelah beberapa hari berpuasa, rasa haus menjadi perasaan yang normal, jadi coba perhatikan tanda-tanda dehidrasi lain yang jelas seperti bibir pecah-pecah, kulit memerah, kelelahan, peningkatan suhu tubuh, dan peningkatan pernapasan dan denyut nadi, diikuti dengan pusing, peningkatan kelemahan, dan kesulitan bernapas.

Baca Juga  Yuk, Intip Kebiasaan Unik Saat Ramadan di Berbagai Negara

Jika kamu merasakan satu atau lebih gejala ini, kamu harus mencoba menurunkan suhu tubuh kamu dengan cara apa pun. Salah satunya adalah mandi air dingin selama menjalani puasa di bulan Ramadhan.

3. Rencanakan Menu Buka Puasa
Apa yang kamu makan berperan besar dalam mendehidrasi atau menghidrasi tubuh kamu. Makanan yang banyak mengandung gula benar-benar bisa membuat kamu merasa dehidrasi, sedangkan buah sangat cocok untuk memberikan tambahan air. Jadi, dibandingkan dengan berbuka puasa dengan menu yang mengandung banyak gula, lebih baik makanlah beberapa buah seperti semangka atau jeruk. Salad hijau juga adalah sumber tambahan air yang baik, jadi sertakan salad tersebut dalam menu Ramadhan Anda.

4. Berolahraga
Karena kamu kehilangan banyak air saat berkeringat, olahraga adalah salah satu kegiatan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Tetapi berolahraga juga membantu tubuh kamu membuang racun dan elemen berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan dehidrasi di kemudian hari. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga yaitu dua hingga tiga jam setelah buka puasa, tetapi cobalah untuk mengimbangi jumlah air yang hilang akibat berolahraga dengan minum lebih banyak air setelahnya.

Itu dia beberapa hal yang dapat kamu ikuti agar tetap terhidrasi selama menjalani puasa di bulan Ramadhan ini. Semoga Bermanfaat!.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *