Minggu, Mei 11, 2025
Tugumalang.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan
No Result
View All Result
Tugu Malang ID
No Result
View All Result
Home Pendidikan

Fakultas MIPA UM Kembangkan Konsep Pembelajaran Gamifikasi

Tingkatkan Kualitas Belajar Daring

Redaksi by Redaksi
November 9, 2021 9:40 am
in Pendidikan
Pelatihan asesmen gamifikasi kepada guru matematika Kota Pasuruan (dok. Fakultas MIPA UM)

Pelatihan asesmen gamifikasi kepada guru matematika Kota Pasuruan (dok. Fakultas MIPA UM)

Share WhatsappShare FacebookShare Twitter

MALANG – Kualitas pembelajaran virtual atau dalam jaringan (daring) pada masa pandemi Covid-19 perlu adanya evaluasi ditengah perkembangan teknologi. Untuk itu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Malang (UM) mengembangkan konsep gamifikasi.

Dra. Sapti Wahyuningsih, M Si Dosen Matematika sekaligus Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas MIPA UM menjelaskan bahwa gamifikasi adalah konsep pembelajaran berbasis permainan yang berguna untuk memotivasi dan meningkatkan keterlibatan pelajar dalam suatu aktivitas.

READ ALSO

Bright English Day di Sekolah, Cara Mahasiswa PPG Unisma Bumikan Bahasa Inggris Sejak Dini

Dari UIN Malang, MKKSM Rancang LP Ma’arif NU Kota Malang Jadi Pusat Pendidikan Terpadu

Pelatihan asesmen gamifikasi kepada guru matematika Kota Pasuruan (dok. Fakultas MIPA UM)

Hal inilah yang mendorong, Tim Pengabdian Masyarakat UM untuk melakukan pelatihan bertajuk “Pelatihan Asesmen Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Online” secara virtual kepada guru matematika Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA Kota Pasuruan.

“Kegiatan itu berupa pelatihan aplikasi asesmen gamifikasi, pendampingan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis gamifikasi dan sosialisasi dan tindak lanjut hasil pengabdian. Sebanyak 24 peserta guru matematika SMA tersebut mengikuti pelatihan pada 7 Agustus 2021 secara daring,” jelasnya, Selasa (9/11/2021).

Tim Pengabdian Masyarakat UM yang terdiri dari Dra. Sapti Wahyuningsih, M.Si, Dra. Susy Kuspambudi A, M.Kom, Azizah, S.Si, M.Si, dan Asmianto, S.Si, M.Si memberikan pelatihan penggunaan aplikasi mentimeter, kahoot, quizziz dan wordwall untuk asesmen pembelajaran dan pengintegrasian asesmen gamifikasi pada RPP.

Disebutkan, aplikasi kahoot dan quizizz merupakan aplikasi online yang berbasis gamifikasi. Aplikasi ini mempunyai fitur fitur yang dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Aplikasi kahoot dan Quizizz merupakan jenis kuis yang memberikan umpan balik secara langsung setelah siswa mengerjakan kuis berupa poin dan reword.

“Dengan diketahuinya umpan balik secara langsung, dapat membangkitkan persepsi positif siswa pada proses pembelajaran. Skor yang diperoleh atau peringkat yang disediakan aplikasi tersebut memunculkan dan mendorong sifat kompetisi bagi siswa,” paparnya.

Menurutnya, proses pembelajaran tersebut dapat mendorong keterlibatan siswa dan menimbulkan motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Agar pelatihan tersebut bermakna, pihaknya juga melakukan pendampingan penyusunan RPP dengan harapan bisa diterapkan dalam praktek pembelajaran pada siswa secara langsung.

Pendampingan ini dilakukan secara daring selama empat minggu dengan hasil produk dari guru matematika MGMP Kota Pasuruan yaitu RPP Fungsi Komposisi berbasis Gamifikasi, RPP Grafik Fungsi Eksponen berbasis Gamifikasi, RPP Persamaan Nilai Mutlak berbasis Gamifikasi dan RPP Persamaan Trigonometri berbasis gamifikasi.

“Pada 29 Oktober 2021 lalu juga dilakukan sosialisasi dan tindak lanjut hasil pengabdian secara daring. Sosialisasi tentang RPP berbasis gamifikasi yang telah disusun beberapa guru, sosialisasi produk bahan pelatihan berupa Diktat panduan penggunaan aplikasi asesmen berbasis gamifikasi dalam pembelajaran,” paparnya.

Adapun diklat tersebut telah mendapat sertifikat HKI dari Menteri Hukum dan HAM Dirjen Kekayaan Intelektual No.EC00202150302 dengan nomor pencatatan 000280509. Panduan ini memuat cara cara penggunaan aplikasi mentemeter, aplikasi kahoot, aplikasi quizziz dan aplikasi wordwall.

Masing masing aplikasi tersebut juga diberikan contoh dalam pembelajaran untuk memudahkan pengguna. Diktat disusun untuk membantu guru, calon guru dan peneliti yang akan mengaplikasikan asesmen gamifikasi dalam pembelajaran.

“Sebagai tindak lanjut kegiatan pengabdian diharapkan guru guru bisa mengaplikasikan asesmen gamifikasi dalam pembelajarannya di tempat sekolah masing-masing. Hasil penerapannya bisa dikembangkan menjadi karya tulis ilmiah atau artikel yang dapat disebarluaskan ke teman sejawat melalui seminar atau kegiatan akademik lainnya,” tandasnya.

 

Reporter: M Sholeh
Editor: Sujatmiko

Tags: daringMIPA UMUMUniversitas Negeri Malang

Related Posts

Suasana keceriaan anak-anak sekolah mengikuti kegiatan Bright English Day bareng mahasiswa PPG Unisma. Foto : Dok.
Pendidikan

Bright English Day di Sekolah, Cara Mahasiswa PPG Unisma Bumikan Bahasa Inggris Sejak Dini

Minggu, 11 Mei 2025
PC LP Ma'arif NU Kota Malang
Pendidikan

Dari UIN Malang, MKKSM Rancang LP Ma’arif NU Kota Malang Jadi Pusat Pendidikan Terpadu

Sabtu, 10 Mei 2025
Seminar ITN Malang
Pendidikan

ITN Malang Dorong Mahasiswa Bangun Personal Branding Lewat Seminar Nasional 2025

Sabtu, 10 Mei 2025
SMK Terbaik di Kota Malang
Pendidikan

12 SMK Terbaik di Kota Malang 2025, Rekomendasi Sekolah Vokasi Favorit

Sabtu, 10 Mei 2025
Pemaparan calon rektor UIN Malang
Pendidikan

12 Calon Rektor UIN Malang Teken Komitmen Jelang Pemilihan 2025–2029

Jumat, 9 Mei 2025
Fisip Unmer Malang dan CPU Filipina Perkuat Jejaring Akademik Lewat International Collaboration Week 2025
Pendidikan

Fisip Unmer Malang dan CPU Filipina Perkuat Jejaring Akademik Lewat International Collaboration Week 2025

Jumat, 9 Mei 2025
Next Post
akan ditanami tanaman Tabebuya

Kayutangan Heritage Akan Ditanami Pohon Tabebuya Dianggarkan Rp 140 Juta

BERITA POPULER

  • KHadam Kiai yang jadi Guru Besar UIN Malang

    Kisah Prof. Fadil: Dari Khadam Kiai hingga Menjadi Guru Besar UIN Malang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • IKA PMII Sunan Ampel Adalah Rumah Besar, Kopi Menjadi Sahabat, dan Rindu Adalah Obat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Referensi SPMB 2025: Daftar 26 SMA Terbaik di Jawa Timur, di Antaranya Ada di Malang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Daftar 7 Stasiun Kereta Api di Kota Malang, Beserta Alamat Lengkapnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Dapat Tiket Arema FC vs Persik Kediri, Laga Perdana Kembali di Stadion Kanjuruhan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Portal berita Tugu Malang (tugumalang.id) merupakan perusahaan media siber di bawah naungan PT Tugu Media Komunikasindo

Ikuti Kami

Navigasi Site

  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Disclaimer
  • Kebijakan Data Pribadi
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Form Pengaduan
  • Pedoman Media Siber

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.

Jaringan Media 

Tugumalang.id 

Tugujatim.id 

Tugusehat.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.