Tugumalang.id – Shoface Moist Glow merupakan salah satu brand lokal skincare di Malang yang kini namanya mulai diperhitungkan. Rupanya, produk skincare baru ini dirintis oleh pengusaha muda asal Madura yang tinggal di Malang, Shofiyah Wardatul Jannah.
Diketahui, brand skincare dengan dengan konsep one pot skincare yang simpel dan efektif ini mampu mencuri perhatian konsumen. Berawal dari modal kecil, kini omzetnya sudah tembus ratusan juta rupiah per bulan.
Shofi mengisahkan, awal dulu dia merintis bisnis ini hanya bermodal di bawah Rp10 juta dengan cetakan produk di bawah 1000 unit. Namun berkat kegigihan promosi dan kualitas produk yang terjaga, animo konsumen juga meningkat.
Baca Juga: Ciptakan Pengusaha Muda Tangguh dan Solid, Hipmi Kota Malang Gelar Silaturahmi dan Buka Bersama
”Alhamdulillah kegigihan saya perlahan mulai terjawab, sampai bisa memberangkatkan orang tua saya umroh,” ujar Shofi, Kamis (20/3/2025).
Shofi menuturkan sebelum ia berpikir merintis usaha, ia hanya dikenal sebagai konten kreator yang sering di-endorse membantu promosi berbagai produk kecantikan.
”Bahkan sering viral, tapi begitu produk itu sudah mulai dikenal, aku malah dicoret dari endorsement. Dari situ aku sadar, lebih baik punya brand sendiri,” ungkap perempuan berusia 22 tahun itu.
Shofi mengaku tidak terpikir bisa merintis usaha sukses di usia muda. Baginya langkah itu tidak terlepas dari peran sentra orang tua, dan sang manajer bernama Putri.
Baca Juga: Alumni Universitas Ma Chung, Devan Christian Sukses Jadi Pengusaha Muda Bermodal Kemandirian
“Aku bersyukur banget sama Allah, juga kepada manajerku, Mbak Putri, kepada mama ayahku yang selalu mendoakan. Tanpa mereka mungkin bisnisku tidak sebesar ini,” jelasnya dengan cukup emosional.
Berbekal pengalaman dan pemahaman tentang bahan baku atau ingredients terbaik dalam skincare, ia mulai mencari pabrik yang bisa memproduksi formula berkualitas tinggi hingga lahirlah Shoface Moist Glow.
Ia menerangkan, konsep one pot skincare ini adalah satu produk bisa digunakan sebagai day cream dan night cream. Keunggulan utamanya adalah kemampuannya mengatasi berbagai masalah kulit seperti flek hitam & bekas jerawat, Bruntusan & jerawat, Kulit kusam & berminyak, Kulit sensitif & kering
“Aku bukan hanya sekedar owner, tapi aku benar-benar memastikan setiap ingredients yang dipakai berkualitas. Makanya, produk ini cocok untuk hampir semua jenis kulit. Aku pikir kualitas adalah kunci,” ujarnya.
Saat ini, omzet Shoface Moist Glow sudah menyentuh tiga digit per bulan. Selain itu permintaan pasar terus meningkat. Bahkan, salah satu tantangan terbesar yang dihadapinya adalah stok yang cepat habis karena tingginya permintaan.
Kesuksesan ini membawa perubahan besar dalam hidup Shofi dan keluarganya. Dulu, keluarganya pernah mengalami kebangkrutan hingga ibunya harus berhutang untuk membeli beras. Namun, kini keadaan sudah berbalik.
“Dulu keluargaku benar-benar di titik terendah. Aku harus jualan sendiri untuk bayar sekolah. Tapi sekarang, aku bisa membahagiakan mereka,” kenangnya.
Salah satu momen paling membanggakan bagi Shofi adalah saat ia bisa memberangkatkan kedua orang tuanya umroh. Hal itu diperoleh dari hasil kerja kerasnya di bisnis skincare.
“Aku bersyukur banget sama Allah. Bisa melihat orang tua pergi umroh dari hasil jerih payahku sendiri, itu kebahagiaan yang nggak ternilai,” katanya haru.
Di tengah persaingan ketat industri skincare, Shofi memilih untuk fokus pada kualitas produk. Ia percaya produk yang bagus akan memasarkan dirinya sendiri tanpa perlu gimmick berlebihan.
“Aku sangat selektif dalam memilih formula dan pabrik produksi. Aku ingin Shoface menjadi brand yang benar-benar bisa menyelesaikan masalah kulit pelanggan,” tegasnya.
Selain itu, ia memanfaatkan media sosial dan strategi pre-order (PO) untuk mengoptimalkan perputaran modal. Dengan cara ini, bisnisnya terus berkembang tanpa harus mengandalkan modal besar di awal.
Ke depan, Shofi memiliki visi besar untuk membawa Shoface Moist Glow ke level yang lebih tinggi. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di pasar internasional.
“Aku ingin menjadikan Shoface Moist Glow sebagai brand skincare terbesar di Indonesia dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan untuk orang lain,” katanya.
Kisahnya menjadi insipirasi bagi anak muda lain untuk mengekor kesuksesannya. Ia berpesan kepada anak muda yang ingin mandiri dan sukses agar mengambil kesempatan yang ada di depan mata.
“Jangan takut gagal! Dalam bisnis, ada dua kemungkinan: sukses atau belajar dari kegagalan. Yang penting, jangan menyerah dan terus perbaiki diri,” terangnya.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter : M Ulul Azmy
Editor: Herlianto. A