Malang, tugumalang.id – Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat meresmikan pembukaan outlet FamilyMart di Jalan Soekarno-Hatta (Suhat), Kota Malang pada Jumat (28/6/2024). Masuknya minimarket nasional asal Jepang ini menjadi bukti iklim investasi di Kota Malang cukup kondusif.
“FamilyMart ini kan skalanya nasional, apalagi juga franchise Jepang. Ini berarti, iklim investasi di Kota Malang kondusif,” kata Wahyu.
Dikatakan, kondusifitas iklim investasi di Kota Malang tentunya juga akan berpotensi menarik investor investor baru untuk menanamkan modal atau membuka usaha di Kota Malang.
Menurutnya, selama ini memang sudah banyak kemudahan kemudahan yang diberikan Pemkot Malang untuk investor yang ingin masuk ke Kota Malang. Terutama terkait dengan perizinan usaha.
“Kami memberikan kemudahan syarat investasi. Seperti masuknya FamilyMart ini juga tak terlalu lama soal perizinannya, ini untuk memudahkan investasi,” tuturnya.
Wahyu menyampaikan bahwa pihaknya juga menyambut baik masuknya FamilyMart di Kota Malang. Pasalnya, produk UMKM lokal banyak diberikan wadah di tempat ini. Bahkan pelaku UMKM juga dibina agar produknya bisa bersaing.
Baca Juga: Pj Wali Kota Malang Segera Carikan Solusi Soal Masa Depan MCC
“Dengan harga yang terjangkau, tentu bisa meningkatkan daya beli masyakat. Sehingga inflasi di Kota Malang akan terjaga,” jelasnya.
“Apalagi 90 persen karyawannya di sini merupakan warga Kota Malang. Mudah mudahan nanti bisa 100 persen menyerap tenaga kerja lokal,” imbuhnya.
Dia juga mengapresiasi FamilyMart yang menghadirkan fasilitas ramah keluarga, produk kebutuhan keluarga, produk UMKM lokal hingga barista robot pembuat kopi pertama di Kota Malang.
“Mudah mudahan masyarakat Kota Malang merasakan dampak keberadaan FamilyMart,” ucapnya.
Terlebih, FamilyMart juga telah membuka 4 outlet serentak di Kota Malang. Yakni di Jalan Suhat, Jalan Basuki Rachmat atau kawasan Kayutangan, Jalan Danau Toba Sawojajar dan Jalan Kawi.
Keberadaan FamilyMart ini menurutnya juga cukup mendukung rencana Pemkot Malang dalam mewujudkan wisata milenial di Jalan Suhat.
Baca Juga: Pastikan Produktivitas Padi, Pj Wali Kota Malang Sambangi Petani
Sementara itu, CEO FamilyMart Indonesia, Wirry Tjandra menyampaikan bahwa pihaknya memilih Kota Malang lantaran merupakan kota potensial dan terbesar kedua di Jatim.
“Kota Malang ini kan juga pusatnya pendidikan dan pariwisata. Jadi sangat potensial,” ujarnya.
Menurutnya, FamilyMart juga mewadahi pelaku UMKM yang ingin memasarkan produknya di outlet FamilyMart. Bahkan pihaknya tak membatasi kuota produk UMKM yang bisa masuk ke FamilyMart.
“Justru pelaku UMKM juga kami bantu menyempurnakan packaging produknya. Sehingga bisa kami masukkan di outlet kami,” lanjutnya.
Menurutnya, FamilyMart juga menyediakan produk kebutuhan rumah rangga dengan harga bersaing. Minimarket ini juga memiliki keunikan dengan adanya barista robot pembuat minuman kopi.
“Konsumen kami tentu bisa semua kalangan. Ada banyak produk makanan dan minuman cepat saji yang sudah bersertifikat halal di sini,” tandasnya.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter: M Sholeh
editor: jatmiko