Bukan Hal Sepele, Manfaat Silaturahmi Bisa Berujung Rejeki

  • Whatsapp
Pemaparan Dr Aqua Dwipayana dalam Ruang Bincang Inspirasi, Foto: tangkapan layar

Tugumalang.id – Kendati dipandang sebagai hal yang biasa, siapa sangka silaturahmi bisa menjadi awal kesuskesan bagi seseorang.

Menurut Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional juga Penulis Buku, Dr Aqua Dwipayana SIkom, dengan silaturahmi bisa mengubah hidup seseorang. Sebab, mudah bergerak kemanapun, menambah wawasan, jaringan, pengalaman, dan mengasah kemampuan.

“Saya selama ini sangat senang silaturahim, karena senang silaturahim, saya bisa mencapai karir saya ini dan bagi saya di tengah kegiatan semua orang adalah guru. Contohnya pagi ini semua peserta, narasumber, moderator, semua adalah guru saya dan yang namanya guru haruslah dihargai karena punya kelebihan masing-masing,” ujarnya, dalam sharing virtual “Ruang Bincang Inspirasi”, pada Sabtu (5/6/2021).

Pemaparan Dr Aqua Dwipayana dalam Ruang Bincang Inspirasi, Foto: tangkapan layar

Penulis buku trilogi The Power of Silaturahim ini melanjutkan, silaturahmi juga harus didasari dengan kemampuan komunikasi yang baik dan bisa dijalankan dengan rumus REACH+AC. “Kalau mau sukses dalam kehidupan, perkuliahan dan pergaulannya, laksanakan 5 komunikasi yang positif dengan REACH+AC, intinya mengajak orang untuk melakukan apa yang kita inginkan,” kata Aqua.

Lima aspek ini, yakni “Respect” atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun harus selalu menghormati, jangan pernah menyepelekan dan meremehkan. Lalu, ada “Empathy” atau bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. “Audible” atau bagaimana komunikasi kita agar mudah dimengerti dan dipahami. “Clarity” atau kejelasan pesan yang diutarakan. Terakhir, “Humble” atau rendah hati sehingga mudah diterima oleh lingkungan.

Kelima hal tersebut, sambung mantan wartawan di banyak media itu, perlu dilengkapi dengan “AC” alias “Action” atau tindakan nyata dan cepat dan “Consistency” atau konsistensi yang dilakukan secara terus-menerus,

“Dalam mengimplementasikannya harus konsisten tidak boleh setengah-setengah. Harus punya komitmen dan lakukan hal-hal yang positif yang memberikan nilai tambah, bermanfaat, sehingga orang lain bisa merasakan bahwa kehadiran kita, berkomunikasi dengan kita, ada nilai tambah pengetahuan wawasan ilmu pengalaman semangat bahagia gembira bukan malah sebaliknya,” tandasnya.

Baca Juga  Dr Aqua Dwipayana: Jangan Sepelekan Komunikasi!

Reporter: Feni Yusnia

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *