Bertambah Lagi, 18 Warga Perumahan Bukit Hijau & Permata Hijau Terpapar Corona

  • Whatsapp
Masjid Al Waqar di Perumahan Hijau & Permata Hijau Kota Malang ditutup. Foto: M Sholeh

Tugumalang.id – Kasus COVID-19 yang terjadi di RW 9, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, terus mengalami peningkatan. Sebanyak 18 warga yang tinggal di Perumahan Bukit Hijau & Permata Hijau telah terpapar COVID-19.

Ketua RW 9 Kelurahan Tlogomas, Adam Wiryawan, menuturkan bahwa kasus COVID-19 yang terjadi di tempatnya terus mengalami penambahan. Hingga saat ini, sebanyak 18 warganya telah terkonfirmasi COVID-19.

Bacaan Lainnya

“Tadi malam ada tambahan 1 warga lagi sehingga jadi 18 orang. Jadi total ada 18 orang dari 8 keluarga atau 8 rumah. Masing masing rumah beda jumlahnya,” ujarnya, pada Minggu (16/5/2021).

Tim BPBD Kota Malang melakukan penyemprotan disinfektan di RW 9, Tlogomas. Foto: M Sholeh

Menurutnya, warganya mulai terpapar COVID-19 sejak minggu kedua bulan ramadhan 2021. Sejak saat itu, kasus COVID-19 di tempatnya terus mengalami kenaikan.

“Kira-kira mulainya sekitar minggu kedua puasa kemarin. Pertama satu keluarga 2 orang terpapar, kemudian satu keluarga lain 5 orang terpapar. Setelah itu beruntun hingga 18 orang ini,” ucapnya.

Disebutkan, warganya yang terpapar COVID-19 telah menjalani isolasi di RS dan isolasi mandiri di rumah. Sementara area yang diduga menjadi lokasi penyebaran virus, telah dilakukan penyemprotan disinfektan.

Akibat gejolak kasus COVID-19 yang terjadi, pihaknya membatasi kegiatan-kegiatan yang mendatangkan kerumunan warga. Salah satunya menutup Masjid Al Waqar yang diduga menjadi lokasi paparan COVID-19.

“Sebagian besar orang yang terpapar ini berasal dari jamaah masjid. Kemungkinan penyebarannya terjadi saat tarawih kemarin,” paparnya.

Sementara itu, Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam BPBD Kota Malang, Cornellia Selvyana Ayoe, yang juga sebagai Ketua Tim Pemakaman dan Penyemprotan Disinfektan BPBD Kota Malang, menuturkan, bahwa pihaknya telah mengerahkan 12 personel untuk melakukan penyemprotan disinfektan di area-area yang diduga menjadi lokasi penyebaran COVID-19.

Baca Juga  Hari Lanjut Usia Nasional, Lansia Kota Batu Jalani Vaksinasi COVID-19

“Satu RW tanpa terkecuali kita semprot disinfektan di RW 9 itu. Fasilitas umumnya, taman, dan masjid yang diduga menjadi lokasi penyebaran virus itu juga kami semprot disinfektan,” ujarnya.

Usai dilakukan penyemprotan disinfektan, dia mengimbau agar warga setempat mengurangi kegiatan berkerumun yang berpotensi dapat terjadi penyebaran COVID-19. Dengan demikian, RW 9, Kelurahan Tlogomas, bisa kembali steril dari paparan COVID-19.

“Kami imbau untuk masyarakat RW 9 ini diharapkan jangan ada aktivitas di masjid dulu untuk sementara waktu. Jadi saat ini masjidnya masih lockdown karena sudah banyak yang terkonfirmasi, dari pada nanti menular lebih luas ke tetangga yang lain,” imbaunya.

“Kami tidak melarang ibadah di masjid, tapi untuk sementara saja dengan segala hormat kami imbau agar ibadah di rumah dulu. Mohon masyarakat berhati-hati dulu dan tetap gunakan prokes COVID-19,” imbuhnya.

Reporter: M Sholeh

Editor: Lizya Kristanti
Foto: Masjid Al Waqar, Perumahan Hijau & Permata Hijau Kota Malang ditutup
Foto: Petugas keamanan menjaga portal pintu masuk Perumahan Hijau & Permata Hijau Kota Malang
Foto: Tim BPBD Kota Malang melakukan penyemprotan disinfektan di RW 9, Tlogomas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *