Atasi Rasa Sakit, Ini 4 Tips Olahraga Saat Menstruasi

  • Whatsapp
Yoga salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi.(yogajournal).

BANYAK perempuan yang sering merasakan nyeri pada perut, paha ataupun di pinggang saat menstruasi. Karena itu, terkadang kita jadi malas bergerak atau bahkan sulit bergerak.

Tapi tahukan Anda, bahwa dengan olahraga, rangkaian nyeri tersebut dapat hilang seketika. Bahkan olahraga jauh lebih efektif daripada pereda nyeri seperti bantal pemanas. Ini dikarenakan olahraga dapat menurunkan endorfin yang meningkatkan dopamin kimiawi, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan rasa sakit berkurang.

Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan energi. Bagaimana, tertarik untuk olahraga saat menstruasi? Yuk, coba dan terapkan 5 tips dari Heathline ini.

1. Lakukan Olahraga yang Anda Inginkan
Karena Anda yang dapat merasakan sesakit apa saat menstruasi, jadi Anda yang tahu olahraga apa yang Anda inginkan. Untuk olahraga ringan, Anda dapat duduk dan melakukan pose yoga yang mudah atau bermeditasi. Untuk olahraga agak berat Anda dapat melakukan jogging atau bersepeda. Lakukan sesuai kemampuan Anda dan jangan terlalu memaksakan tubuh.

2. Fokus pada Manfaatnya
Terkadang memang sulit untuk memulai olahraga. Karena itu coba motivasi diri Anda dengan mengingat manfaat yang di dapat setelah berolahraga. Obat pereda nyeri maupun bantal pemanas tidak cukup mengurangi rasa sakit, namun olahraga dapat benar-benar menghilangkan rasa nyeri tersebut. Setidaknya coba lakukan tiap lima menit sekali, dengan istirahat tiap lima menit setelah melakukan olahraga pilihan Anda. Mendengarkan musik juga dapat memotivasi Anda untuk lebih bersemangat saat berolahraga.

3. Lakukan dengan Santai
Lakukan olahraga dengan santai dan jangan paksakan tubuh Anda. Meskipun manfaat besar bisa diperoleh, namun tetap penting untuk tidak memaksakan tubuh. Bergerak dalam bentuk apapun sebenarnya cukup memberi dampak pada endorfin yang dapat berkurang saat kita bergerak.

Baca Juga  Ikuti 4 Tips Ini Agar Tetap Terhidrasi Selama Ramadhan

4. Pakai Produk Saniter yang Membuat Anda Nyaman
Jika memakai produk saniter yang tidak tepat, Anda akan mudah merasa tidak nyaman sehingga kegiatan olahraga tidak dapat berjalan dengan efektif. Coba lakukan eksperimen ke beberapa produk dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya lalu temukan mana yang cocok dengan Anda.

5. Perhatikan Keadaan Bulanan
Tiap perempuan tentu memiliki tubuh yang berbeda. Periode menstruasi pun berbeda tiap bulannya. Misal bulan lalu Anda hampir tidak merasa sakit, namun bulan ini rasa nyeri malah menjadi-jadi. Hal itu wajar, jika terasa sakit, tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga. Tidak perlu iri dengan teman-teman Anda yang tetap produktif untuk berolahraga saat menstruasi. Bahkan menurut penelitian, 80% perempuan di dunia merasa tidak nyaman dan nyeri saat menstruasi.

Itu dia cara olahraga saat menstruasi. Yuk, coba dan dapatkan manfaatnya. Mulai dengan olahraga yang mudah seperti gerakan sederhana pada yoga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *