Tugumalang.id – Dalam dunia pemasaran, ada banyak model yang dapat digunakan untuk membuat konten semakin efektif. Salah satu yang paling populer adalah AIDA marketing. Yakni sebuah model pemasaran yang bisa dilakukan secara bertahap untuk menarik perhatian dan tentunya mendapatkan konsumen.
Model pemasaran dan strategi marketing memang terus berkembang seiring makin beragamnya platform untuk mengenalkan produk. Jika kamu sebagai pemiliki produk atau sebuah bisnis, maka membuat iklan dan kata-kata yang cocok untuk menarik perhatian calon pembeli jadi pekerjaan rumah paling utama.
Apa Itu AIDA Marketing?
Memahami apa itu AIDA sama seperti memahami bagaimana membuat seseorang mau membaca atau menonton sampai habis konten iklan yang Kamu buat. Apalagi menyoal brand awareness, dimana tak semua orang yang mengenal brand kita juga langsung tertarik membeli.
Baca Juga: Mengenal Website, Salah Satu Media dalam Digital Marketing
Menurut Maryna Chaikovska dan Oleksandr Shkeda dalam jurnal tahun 2022 berjudul Skinner’s Box And Aida Marketing Communication Model As Reflexive Control Tools, AIDA terdiri dari empat tahap, yaitu:
• Attention: Menarik perhatian calon konsumen
• Interest: Menumbuhkan minat calon konsumen
• Desire: Memperkuat keinginan calon konsumen
• Action: Mendorong calon konsumen untuk mengambil Tindakan.
Sedangkan menurut Mayang Lestari selaku Social Media Specialist BEON Intermedia, tingkat ketertarikan konsumen untuk memang berbeda-beda walau telah mengenal brand tersebut sebelumnya.
“Dari diagram AIDA, secara realita, gak semua langsung interest. Ada yang interest ada yang nggak. Nah biasanya diarahkan ke website, atau di halaman produk, lalu kita kasih penawaran agar mereka semakin ingin membeli di tahap desire,” jelasnya dalam pelatihan UMKM Merdeka yang dihelat BEON dan Tugu Media Group.
Tahap AIDA Marketing
Jika masih bingung, kita akan membedahnya satu persatu. Bagaimana penerapan dan contoh dari masing-masing tahapan model pemasaran AIDA.
Baca Juga: Masih Bingung tentang digital marketing ? Yuk Cari Tahu Keunggulannya
1. Attention
Tahap pertama dalam AIDA marketing adalah Attention atau menarik perhatian calon konsumen. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan judul yang menarik, gambar atau ilustrasi yang eye-catching, atau konten yang relevan dengan minat calon konsumen.
Berikut adalah beberapa tips untuk menarik perhatian calon konsumen:
• Gunakan judul yang menarik dan informatif.
• Gunakan gambar atau ilustrasi yang eye-catching.
• Mulailah dengan konten yang relevan dengan minat calon konsumen.
Contoh:
• Judul: “5 Cara Meningkatkan Penjualan dengan AIDA Marketing”
• Gambar: Gambar produk atau layanan yang ditawarkan
• Konten: Konten yang membahas masalah yang dialami calon konsumen
2. Interest
Setelah menarik perhatian calon konsumen, Anda perlu menumbuhkan minat mereka. Anda dapat melakukannya dengan memberikan informasi yang relevan dan menarik tentang produk atau layanan yang ditawarkan.
Berikut ini beberapa tips dan contoh menampilkan ‘Interest’ untuk menumbuhkan minat calon konsumen.
• Jelaskan manfaat produk atau layanan.
• Tampilkan testimoni dari pelanggan.
• Tawarkan promosi atau diskon.
3. Desire
Setelah calon konsumen tertarik, Anda perlu memperkuat keinginan mereka untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Anda dapat melakukannya dengan menekankan keunggulan produk atau layanan tersebut.
Berikut adalah beberapa tips untuk memperkuat keinginan calon konsumen:
• Jelaskan bagaimana produk atau layanan dapat memecahkan masalah calon konsumen.
• Tawarkan garansi atau jaminan.
• Tunjukkan bahwa produk atau layanan tersebut adalah pilihan terbaik
4. Action
Tahap terakhir dalam AIDA marketing adalah mendorong calon konsumen untuk mengambil tindakan. Anda dapat melakukannya dengan memberikan call to action yang jelas dan mudah diikuti.
Berikut adalah beberapa tips untuk mendorong calon konsumen untuk mengambil tindakan:
• Gunakan teknik CTA untuk mengunjungi situs web atau halaman produk.
• Tawarkan kupon atau voucher untuk pembelian.
• Tawarkan program referral untuk mengajak teman atau keluarga membeli
Tips untuk Menerapkan AIDA Marketing dalam Konten
Lalu bagaimana penerapan AIDA dalam sebuah konten. Menurut Imam Ghozali, konten creator Tugujatim dalam event UMKM Merdeka, AIDA tak hanya bisa diterapkan dalam artikel, namun juga dalam konten video pendek seperti reels Instagram dan short video.
Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan AIDA marketing dalam konten.
• Lakukan riset pasar untuk memahami minat calon konsumen.
• Buatlah konten yang relevan dengan minat calon konsumen.
• Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
• Sajikan konten dengan cara yang menarik dan informatif.
• Tawarkan call to action yang jelas dan mudah diikuti.
Dengan memahami penjelasan diatas, Anda dapat membuat berbagai konten yang efektif untuk pemasaran. Harapannya, konten tersebut akan menarik perhatian calon konsumen dan menumbuhkan minat membeli sebagai penerapan dari strategi AIDA Marketing.
Penulis: Imam A. Hanifah
Editor: Herlianto. A