MALANG, Tugumalang.id – Salah satu faktor terpenting dalam keberhasilan suatu bisnis adalah peran dari pelanggan. Adanya pelanggan, suatu bisnis dapat mengukur mengenai kualitas produk dari pemberian feedback yang berguna untuk perkembangan yang lebih baik kedepannya. Selain itu, bukan hanya menjaga hubungan baik dengan pelanggan, tetapi bisnis tersebut juga harus memprioritaskan faktor tingkat kepuasan pelanggan.
Dengan begitu, kelangsungan suatu bisnis tergantung dari ada atau tidaknya perhatian terhadap kebutuhan pelanggan. Apabila semakin banyak dan loyal pelanggan terhadap bisnis, maka semakin kuat untuk meraih kesuksesan. Maka dari itu, diperlukan sistem manajemen interaksi pelanggan dalam bisnis melalui CRM.
CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management yang melingkupi seluruh aspek berhubungan dengan calon pelanggan ataupun pelanggan. Adanya sistem ini dapat menjaga, membangun, dan meningkatkan hubungan yang lebih baik suatu bisnis terhadap pelanggan agar membawa dampak keuntungan melalui penjualan hingga untuk meningkatkan loyalitas. Inilah identifikasi peran penting CRM dalam bisnis untuk mengingkatkan interaksi dengan pelanggan,
1. Sumber Identifikasi Peluang Penjualan
Satu peran utama yang dimiliki adalah dapat mengidentifikasi peluang penjualan melalui informasi yang ada. Keakuratan informasi dapat digunakan dalam menganalisis peluang yang baru. Mulai dari membuat produk dan layanan baru, hingga dalam meningkatkan sesuai kebutuhan pelanggan.
2. Menjaga Komunikasi yang Efektif dengan Pelanggan
Adanya sistem yang melalui berbagai saluran dapat membantu dalam memperkuat hubungan dan efektifitas komunikasi dengan pelanggan. Seperti berinteraksi dengan melalui berbagai saluran yang meliputi pesan teks, media social, atau email. Hal ini dapat membantu bisnis dalam menjaga komunikasi yang efektif dan memperkuat hubungannya dengan pelanggan agar tetap loyal terhadap bisnis yang dijalankan.
3. Membangun Loyalitas dengan Pelanggan
Selain menjaga komunikasi, memberikan produk atau layanan yang lebih efektif juga perlu diperhatikan. Adanya produk yang relevan kepada pelanggan dapat memberikan pengalaman positif dan kesan baik. Dengan demikian akan mendorong perningkatan loyalitas dari pelanggan kedepannya.
4. Meningkatkan Retensi Pelanggan
Retensi pelanggan adalah proses untuk mempertahankan dan menarik pelanggan yang telah dimiliki, agar tetap menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan dan tidak beralih terhadap bisnis kompetitor. CRM hadir untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, informasi yang diperoleh dapat digunakan perusahaan untuk memperbaiki, memberikan pengalaman terbaik, dan melakukan inovasi terbaru untuk peningkatan value produk kepada pelanggan.
5. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Adanya sistem CRM membreikan kemudahan dalam bisnis yaitu ketita mengintegrasikan data pelanggan. Hal tersebut bertujuan untuk membantu dalam meminimalisir anggaran operasional dan dapat merencanakan sesuai dengan budget yang dimiliki secara efisien dan efektif.
Maka dari itu, untuk memperkuat loyalitas dengan pelanggan dalam menjalankan bisnis harus dapat memperhatikan beberapa komponen penting dalam Customer Relationship Management.
a. Analisis Pelanggan
Data pelanggan yang telah dimiliki dapat digunakan sebagai dasar analisis kedepannya. Seperti memahami keinginan, kebutuhan, preferensi, dan feedback yang diberikan terkait layanan dan produk bisnis.
b. Layanan Pelanggan
Dalam pengolaannya CRM melibatkan interaksi pelanggan dengan melalui email, pesan, telpon, hingga media social untuk memberikan feedback. Seperti penyampaian saran serbagai solusi dari masalah yang ada, tujuan yang ingin dicapai, teknik operasi, hingga keluhan yang dialami pelanggan.
c. Basis Data Pelanggan
Hal ini merupakan komponen penting dalam CRM karena dapat menunjukkan informasi yang akurat tentang pelanggan. Adanya data ini dapat dijadikan sebagai dasar perusahaan melakukan inovasi dan pengembangan untuk lebih baik kedepannya dalam menghadapi kompetitor bisnis lainnya.
Dengan demikian, peran dan komponen penting Customer Relationship Management dalam suatu bisnis. Adanya sistem tersebut membantu dalam mengelola kebutuhan pelanggan mulai untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pada produk bisnis. Maka dari itu, CRM disebut sebagai salah satu investasi dalam bisnis untuk mencapai keuntungan.
Penulis: Efryca Ayu Nabella
editor: jatmiko