MALANG, Tugumalang.id – Di era digital yang kian berkembang, Key Opinion Leader (KOL) atau influencer menjadi kekuatan penting dalam strategi pemasaran. Untuk mengoptimalkan kolaborasi dengan KOL, KOL Specialist hadir sebagai ahli yang mumpuni.
Bagi kamu yang menekuni bidang digital marketing mungkin sudah tidak asing dengan istilah KOL. KOL Specialist sangat dibutuhkan untuk tujuan promosi atau pemasaran produk perusahaan. Di dunia serba digital saat ini KOL Specialist memiliki peluang karir yang bagus.
Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih mendalam terkait pengertian, tugas, dan skill yang dibutuhkan seorang KOL Specialist.
Siapakah KOL Specialist?
KOL Specialist adalah profesional di bidang digital marketing yang bertanggung jawab untuk menjembatani kerja sama antara perusahaan dan KOL atau influencer untuk menjalankan strategi pemasaran.
KOL sendiri merupakan kepanjangan dari Key Opinion Leader adalah seseorang yang ahli di bidang atau industri tertentu. Memiliki kemiripan dengan influencer, seorang KOL memainkan peran penting dalam membentuk opini publik, mempengaruhi keputusan pembelian, dan memberikan informasi yang dibutuhkan banyak orang.
Baca Juga: Mengenal Sosok Ari Wibxwx, Influencer Asal Malang yang Eksis Lewat Konten Kuliner
Tugas dan Tanggung Jawab KOL Specialist
Tugas utama KOL Specialist adalah mengelola dan mengatur KOL atau influencer yang bekerja sama dengan perusahaan. Kemudian menjaga saluran komunikasi antara KOL dan pihak internal, hal ini untuk memastikan bahwa semua pihak memahami tujuan dan strategi yang akan diimplementasikan sepanjang proses kampanye pemasaran.
Selain itu, KOL Specialist juga bertanggung jawab dalam pemantauan dan analisis kinerja kampanye yang melibatkan KOL, serta melaporkan hasilnya kepada perusahaan. Hal ini agar perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas kampanye dan mengukur ROI.
Baca Juga: Serius, Influencer Rizky Boncell Deklarasi Maju N2 di Pilkada Kota Malang 2024
Skill yang Dibutuhkan KOL Specialist
1. Pemahaman Pasar dan Target Audiens
Seorang KOL Specialist harus memahami dasar-dasar pemasaran digital, termasuk kinerja setiap platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Youtube. Sehingga dapat mengetahui tren industri, target audiens, serta strategi pemasaran yang sesuai.
2. Kemampuan Riset dan Analisa
Sebagai KOL Specialist, seseorang harus memiliki daya analisis tajam untuk bisa menentukan KOL yang cocok dengan niche, value, dan audiens yang sesuai dengan perusahaan dan produk yang akan dipromosikan. Selain itu, kemampuan analisis juga membantu dalam mengetahui pola perilaku konsumen, mengukur keberhasilan kampanye, serta pengoptimalan ROI.
3. Keterampilan Komunikasi dan Negosiasi
Karena bertugas menjembatani antara KOL dan tim internal, maka KOL Specialist harus memiliki skill public speaking yang baik. Serta mampu bernegosiasi khususnya perjanjian kontrak yang memuat kompensasi, durasi, hingga strategi konten yang menguntungkan kedua belah pihak.
4. Memperluas Koneksi
Memiliki interpersonal yang baik dan mampu mencari relasi dengan sesama KOL Specialist bahkan membangun koneksi langsung dengan KOL merupakan salah satu syarat utama menjadi seorang KOL Specialist. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi para KOL Specialist untuk mempermudah proses pencarian dan kerja sama dengan KOL.
5. Kemampuan Manajemen Proyek
Kemampuan manajemen proyek sangat penting untuk menjamin kolaborasi antara perusahaan dan KOL berjalan lancar. Sebab, KOL Specialist harus memastikan bahwa setiap kampanye berjalan sesuai timeline dan mencapai KPI yang telah ditetapkan.
KOL Specialist merupakan profesi yang penting dalam era digital saat ini. Dengan keahliannya, KOL Specialist dapat membantu perusahaan atau brand untuk mencapai tujuan pemasaran melalui kolaborasi yang efektif dengan KOL.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Penulis: Evi Tsabita Aprillia (Magang)
editor: jatmiko