5.823 Penduduk Kota Batu Tidak Terdaftar BPJS Kesehatan

  • Whatsapp
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. Foto: M Sholeh

Tugumalang.id – Sebanyak 2,56 persen atau 5.823 penduduk Kota Batu tercatat belum terdaftar dalam program BPJS Kesehatan. Sementara data Dispendukcapil Kota Batu, tercatat total penduduk Kota Batu terdapat sekitar 227.482 jiwa.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menuturkan bahwa penduduk Kota Batu masih mencapai 97,44 persen yang telah terdaftar BPJS Kesehatan. Dia menargetkan, penduduk Kota Batu bisa terdaftar BPJS Kesehatan 100 persen.

Bacaan Lainnya

“Kota Batu sudah Universal Health Coverage (UHC) meski belum 100 persen. Saya minta yang 2,56 persen yang belum terdaftar ini bisa dicari kemudian segera didaftarkan,” tegasnya, usai Koordinasi Forum Kemitraan dengan BPJS Kesehatan, pada Selasa (20/4/2021).

Koordinasi Forum Kemitraan antara BPJS Kesehatan dan Pemkot Batu. Foto: M Sholeh

Menurutnya, penduduk Kota Batu bisa segera terdaftar secara keseluruhan. Sementara 2,56 persen penduduk yang belum terdaftar dapat dicari melalu sanding data antara data BPJS dan data Dispendukcapil Kota Batu.

“Kota Batu kan kota kecil, penduduknya tidak banyak, insyaAllah bisa. Lain dengan kabupaten kan besar jadi susah. Insyaallah Kota Batu bisa kita lakukan 100 persen asalkan kita punya niat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dina Diana Permata, menuturkan bahwa kendala yang ditemui di lapangan adalah pendataan penduduk Kota Batu. Sehingga belum keseluruhan penduduk Kota Batu terdaftar di BPJS Kesehatan.

“Kita bersama OPD terkait khususnya Dinkes dan Dinsos Kota Batu akan segera menyisir sisa penduduk yang belum terdaftar ini agar segera didaftarkan. Sehingga nantinya tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan mengakses layanan kesehatan,” tuturnya.

Baca Juga  6 Perda Kota Batu Tak Memiliki Perwali

“Makanya, saran Wali Kota untuk ada sanding data antara BPJS dengan Dispendukcapil juga akan kita lakukan. Kalau sudah tersanding, sisa yang belum tersaring ini yang memang belum terdaftar dapat ditemukan dan segera didaftarkan,” imbuhnya.

Reporter: M Sholeh

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *