Tugumalang.id – CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat membeberkan rahasia sukses dari brand Wardah yang ia naungi sehingga bisa merajai industri kosmetik di Indonesia.
Dalam podcast yang diluncurkan kanal YouTube Dr Indrawan Nugroho, belum lama ini, Salman menyebut ada tiga strategi yang dilakukan untuk membangun bisnis yang sukses.
Strategi pertama adalah confidence atau rasa percaya diri terhadap apa yang diciptakan atau dijual. “Inovasi itu butuh kepercayaan diri. Kalau Korea dan Jepang bisa, kenapa kita nggak bisa?,” ujar Salman.
Kedua adalah insight dan support. Menurut Salman, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Mari Elka Pangestu pernah mengatakan bahwa rakyat Indonesia menantikan sebuah brand lokal yang bisa mereka dukung.
Dari situ, Paragon melihat ada peluang bagi Wardah untuk menjadi produk lokal yang didukung oleh rakyat Indonesia. “Bagi saya itu ‘aha’ moment banget,” ucap Salman.
Rupanya hal tersebut terbukti. Salah satu bukti nyata bahwa rakyat Indonesia mendukung Wardah adalah ketika ada yang bertanya tentang kosmetik di internet, maka konsumen Wardah akan membantu menjawab pertanyaan tersebut tanpa ada permintaan dari pihak Wardah.
“Kami merasakan dukungan masyarakat besar banget,” ujar Salman.
Strategi terakhir adalah memiliki values atau nilai dan konsisten terhadap values tersebut. Paragon sendiri memiliki lima values yang mereka junjung tinggi yaitu ketuhanan, kepedulian, kerendahan hati, ketangguhan, dan inovasi.
Values merupakan hal yang diutamakan oleh Paragon. Ini yang membedakan mereka dengan perusahaan dan brand lain. Mereka tak ingin bisnis yang mereka kembangkan hanya sekedar dilakukan untuk mencari uang semata. Harus ada nilai beyond business yang diterapkan.
“Ini ada di Harvard Business Review. Jika ada produk luar datang ke suatu negara dan produk lokal di negara tersebut melakukan sesuatu yang beyond business, maka ia akan susah untuk dilawan,” papar Salman.
Selain itu, Salman juga menyebut ada momentum yang membuat Wardah cepat bisa diterima oleh masyarakat Indonesia yaitu tren penggunaan hijab. Wardah menggunakan perempuan berhijab di dalam iklan mereka.
Kesinambungan antara tren tersebut dan promosi Wardah yang mengedepankan kehalalannya ini, membuat Wardah banyak dicari oleh perempuan Indonesia, khususnya muslimah.
Reporter: Aisyah Nawangsari
Editor: Lizya Kristanti
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id