Wali Kota Pasuruan Apresiasi Perkembangan UIN Malang

  • Whatsapp
Rektor UIN Malang dan Wali Kota Pasuruan. Foto: dok

Tugumalang.id – Syiar Ramadhan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menghadirkan narasumber Wali Kota Pasuruan, Drs H Saifullah Yusuf, yang akrab disapa Gus Ipul.

Dalam kegiatan tersebut, Gus Ipul mengapresiasi perkembangan yang sangat luar biasa di UIN Malang. “UIN tidak hanya fakultas berkaitan dengan agama tetapi juga ada ilmu lainnya, sesuatu yang bisa menjadi pandangan orang dan mengubah mindset bahwa yang namanya Perguruan Tinggi Islam itu juga membangun satu peradapan yang bisa diandalkan,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Gus Ipul juga merasakan, lulusan UIN Malang telah menyebar di berbagai tempat pengabdian, sesuai dengan ilmu masing-masing. Hal ini, menjadi penting dan sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Wali Kota Pasuruan. Foto: dok

“Saya merasakan lulusan UIN telah menyebar di berbagai tempat mereka mengabdi sesuai ilmu masing-masing, ini menjadi manfaat untuk masyarakat. Saya ingin ke depan diperkuat peran mahasiswa di tengah masyarakat,” harapnya.

Gus Ipul mencontohkan, salah satu yang bisa dikembangkan UIN Malang adalah melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah ataupun pihak lain. Contohnya dengan Fakultas Kedokteran. “Rumah sakit daerah tentu ada kelebihan dan kekurangan, salah satunya kekurangan SDM. Nah dari sini UIN bisa bersinergi bisa saling memperkuat dan membantu,” katanya.

Selain itu, fakultas lain yang memiliki potensi untuk melakukan kerja sama dengan instansi lainnya yaitu Fakultas Ekonomi Syariah. Sebab, memiliki peluang untuk bersinergi dengan instansi lain.

“Kita cari mana yang pas, mana yang cocok dalam rangka mendampingi, misalnya pengembangan UMKM. Ekonomi menjadi salah satu yang menarik, tinggal prakteknya dengan ekonomi syariah memiliki potensi untuk menjadi dasar kehidupan yang adil dalam konteks masih memerlukan pendampingan dan pencerahan,” jelasnya.

Baca Juga  Ini Lima PT Kota Malang Terapkan Pembelajaran Daring di Semester Genap

Selain itu, untuk mendukung perekonomian dan memperkuat ekonomi, Gus Ipul menyebutkan bahwa generasi pemenang harus memiliki 2 hal, yaitu spiritual happines dan intelektual happines. Dalam hal ini, UIN Malang berpotensi melahirkan dan mencetak generasi seperti tersebut.

“Orang kalau punya spiritual happines itu nggak gampang menyerah, tangguh, dan kuat. Sedangkan inteletual happines ini punya ketrampilan di bidang tertentu, punya kompetensi, dan ini yang bisa dilakukan untuk penguatan SDM,” terangnya.

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris, menambahkan bahwa UIN Malang telah memiliki 4 pilar yaitu kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasaan ilmu, dan kematangan profesional.

“Kami harapkan mahasiswa UIN Malang lulus dengan 4 pilar tersebut, sehingga dengan 4 pilar memiliki kekuatan sebagai bekal dalam menjalani kehidupannya. Dengan ke empat pilar inilah, para mahasiswa dibekali untuk mampu menghadapi tantangan dalam hidupnya,” ujarnya.

Reporter: Rezza Doa

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *